Menu

Mode Gelap

Kabar Desa · 11 Nov 2019

Pelayanan Dukcapil Keliling di Kasimbar Terkendala Jaringan Listrik dan Internet


 Pelayanan Dukcapil Keliling di Kasimbar Terkendala Jaringan Listrik dan Internet Perbesar

Reporter : Sam.Udin

banner DiDisdik

PLANO, Kasimbar- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten  Parigi Moutong terus melakukan upaya pemenuhan hak warga Negara untuk memiliki dokumen kependudukan. Baik itu dilakukan di Kantor Dukcapil juga dilakukan dalam pelayanan keliling di Kecamatan. Namun hal itu bukan tanpa kendala, diantaranya padamnya aliran listrik dan jaringan internet yang lemah. Kondisi seperti itu, terjadi di Kecamatan Kasimbar.

Pelayanan keliling baru-baru ini dilakukan di Kecamatan Kasimbar yang ditempatkan di tiga titik yakni Desa Kasimbar, Desa Labuan Donggulu dan Desa Kasimbar Barat. Pelayanan dilakukan hampir sama dengan di Kabupaten, pemotretan dan pengiputan data, menerbitkan suket, perubahan domisili dan pembuatan akta lahir, selama satu minggu (4-10/11/2019)

Pantauan Beritaplano.com, warga antusias mengurus dokumen kependudukan karena lebih dekat dan layanannya sama persis dengan di Kantor Dukcapil. Bahkan, ada ratusan antrian yang dilayani setiap hari untuk warga Kecamatan Kasimbar.

Informasi yang dihimpun media ini, pelayanan di Desa Kasimbar Induk  dan di Desa Labuan Donggulu terhambat karena padamnya aliran listrik, demikian juga yang terjadi di Desa Kasimbar Barat. Selain terkendala aliran listrik juga beberapa kali terganggu karena tidak stabilnya jaringan internet.

banner Dinas Kesehatan

Kepala Desa Kasimbar M. Ihwan  Sudirham  pada wartawan mengungkapkan, pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya pelayanan Dukcapil keliling, karena masih banyak warga yang belum memiliki KTP-eL dan pengurusan dokumen kependudukan lainnya.

Meski beberapa kali mengalami kendala, kata M.Ihwan pihaknya akan mendata ulang warganya yang belum sempat dilayani untuk dikawal kepengurusan dokumennya di Kantor Dukcapil.

“Alhamdulillah dengan Kehadiran  petugas Dukcapil di Kecamatan Kasimbar  walaupun waktunya cuman seminggu tetapi sudah mengurangi beban  masyarakat  untuk pergi ke ibu kota mengurus dokumennya,” ujarnya.

Dia berharap pelayanan keliling tetap dilanjutkan dikemudian hari agar warga diwilayah utara bisa terbantu.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan