Pelayanan Dukcapil Keliling di Kasimbar Terkendala Jaringan Listrik dan Internet

oleh -2 views

Reporter : Sam.Udin

PLANO, Kasimbar- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten  Parigi Moutong terus melakukan upaya pemenuhan hak warga Negara untuk memiliki dokumen kependudukan. Baik itu dilakukan di Kantor Dukcapil juga dilakukan dalam pelayanan keliling di Kecamatan. Namun hal itu bukan tanpa kendala, diantaranya padamnya aliran listrik dan jaringan internet yang lemah. Kondisi seperti itu, terjadi di Kecamatan Kasimbar.

Pelayanan keliling baru-baru ini dilakukan di Kecamatan Kasimbar yang ditempatkan di tiga titik yakni Desa Kasimbar, Desa Labuan Donggulu dan Desa Kasimbar Barat. Pelayanan dilakukan hampir sama dengan di Kabupaten, pemotretan dan pengiputan data, menerbitkan suket, perubahan domisili dan pembuatan akta lahir, selama satu minggu (4-10/11/2019)

Pantauan Beritaplano.com, warga antusias mengurus dokumen kependudukan karena lebih dekat dan layanannya sama persis dengan di Kantor Dukcapil. Bahkan, ada ratusan antrian yang dilayani setiap hari untuk warga Kecamatan Kasimbar.

Informasi yang dihimpun media ini, pelayanan di Desa Kasimbar Induk  dan di Desa Labuan Donggulu terhambat karena padamnya aliran listrik, demikian juga yang terjadi di Desa Kasimbar Barat. Selain terkendala aliran listrik juga beberapa kali terganggu karena tidak stabilnya jaringan internet.

Kepala Desa Kasimbar M. Ihwan  Sudirham  pada wartawan mengungkapkan, pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya pelayanan Dukcapil keliling, karena masih banyak warga yang belum memiliki KTP-eL dan pengurusan dokumen kependudukan lainnya.

Meski beberapa kali mengalami kendala, kata M.Ihwan pihaknya akan mendata ulang warganya yang belum sempat dilayani untuk dikawal kepengurusan dokumennya di Kantor Dukcapil.

“Alhamdulillah dengan Kehadiran  petugas Dukcapil di Kecamatan Kasimbar  walaupun waktunya cuman seminggu tetapi sudah mengurangi beban  masyarakat  untuk pergi ke ibu kota mengurus dokumennya,” ujarnya.

Dia berharap pelayanan keliling tetap dilanjutkan dikemudian hari agar warga diwilayah utara bisa terbantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *