Biodiversitas dan Potensi Sumber Daya Ikan di Danau Bolano Sau

oleh -2 views
Foto : Humas Pemda Parimo

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Potensi sumber daya alam dan keindahan yang dimiliki Danau Sau di Desa Bolano Barat Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong dapat menjadi salah satu keunggulan Parigi Moutong.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, saat membuka seminar akhir kajian Biodiversitas dan Potensi Sumberdaya Ikan di Danau Bolano Sau bertempat di ruang rapat Wakil Bupati, Rabu (4/12/2019)

“Danau Sau ini bisa  menjadi salah satu ikon Kabupaten Parigi Moutong jika dikembangkan dengan baik. Pembangunan infrakstuktur  harus di perhatikan utamanya  peningkatan jalan menuju ketempat Danau Sau,” ungkap Wabup.

Dia menambahkan, untuk mengembangkan potensi sumber daya alam Danau Sau, berbagai kajian hingga seminar akhir yang telah dilaksanakan harus ditindak lanjuti.

“Berbagai penelitian hingga kajian akhir yang telah dilaksanakan jangan hanya sebatas seremonial saja, akan tetapi harus berkelanjutan. Kenalkan potensi yang ada di Danau Sau pada dunia,” pesannya.

Sementara itu, salah satu tim Akademisi Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad yang juga Dosen Program Studi Akuakultur Fakultas Peternakan dan Perikanan Dr. Ir. Samliok Ndobe, MSi mengatakan hasil dari kajian dan penilitian yang telah dilakukan,  Danau Bolano Sau  dilingkupi oleh karakteristik ekologi sosial dan ekonomi yang layak di kembangkan menjadi kawasan pariwisata.

“lokasinya memiliki keindahan bentang alam, keanekaragaman hayati, keunikan ekosistem potensi perikanan serta kearifan lokal  masyarakat Bolano,” kata Dr. Samliok.

Dr. Samliok menambahkan pengelolaan danau harus dilaksanakan secara terpadu dan melibatkan berbagai elemen, terkoordinasi serta menyeluruh dan berkelanjutan.

“tujuan seminar ini untuk Mengkaji kondisi Biofisik dan potensi sumberdaya perikanan,  tersediannya data biodivetditas, ada gambaran potensi dan pemanfaatan sumber daya perikanan danau bolano sau. Selanjutnya menunggu untuk dikembangkan,” ungkapnya.

Dr. Samliok menjelaskan, kegiatan observasi danau telah dilakukan dari bulan Agustus sampai Oktober 2019, dengan memakai Analisis Laboratorium Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan dan Budi Daya Perairan dibawah fakultas Peternakan dan perikanan Untad.

Seminar akhir kajian Biodiversitas dan Potensi Sumberdaya Ikan di Danau Bolano Sau dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong kerjasama dengan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako Palu. (Humas Parigi Moutong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *