Lima Desa Dilaporkan Dugaan Penyalahgunaan DD, Sakti : Inspektorat Sudah ‘Turun’

oleh -520 views
Inspektur Inspektorat Moh. Sakti

Liputan : Eli

Beritaplano, Parigi Moutong – Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong menerima laporan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan dana desa (DD) di lima desa. Terkait itu, Ispektur Inspektorat Muh. Sakti Lasimpala mengatakan, timnya sudah ‘turun’ mengecek kebenaran informasi berdasarkan laporan tersebut.

“Saat ini kami sementara tangani lima desa, itu laporan masyarakat. Tim sudah ‘turun’ minggu kemarin. Laporan itu terkait dugaan penyalahgunaan DD ada yang tahun 2016, 2017, 2018,” bebernya.

Sakti mengatakan, sebenarnya sebelum covid-19 pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan pihak-pihak Aparat Penegak Hukum , untuk sama-sama membangun kemitraan dalam rangka pendampingan yang tujuannya untuk pencegahan penyalahgunaan DD dan ADD di desa.

“Kami sudah bicarakan itu, bahkan sudah sampai pada tahap meramu konsep apa yang akan digunakan di lapangan nantinya. Tinggal action. Sebenarnya, jujur saja, saya tidak bangga jika ada temuan karena itu menandakan saya (Inspektorat) juga unsur-unsur terkait lainnya masih lemah dalam pendampingan dan pengawasan, kami maunya ada tindakan pencegahan yang lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya,” jelasnya.

Inspektur Sakti berpesan, agar seluruh aparat desa bisa menjalankan tupoksinya dengan baik, sesuai perundang-undangan yang berlaku, memperhatikan peraturan menteri, surat-surat edaran dan petunjuk teknis dalam setiap merencanakan atau menjalankan program di desa.

“Semua kan sudah jelas ada aturan mainnya, ada petunjuk jelas yang diberikan tinggal jalankan sesuai aturan. Kalau seperti itu, tidak akan ada laporan-laporan penyimpangan dana desa,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *