Wabup Parigi Moutong Ikut Rilis Data Sensus dan Administrasi Kependudukan 2020

oleh -
Wabup Parigi Moutong Ikut Rilis Data Sensus dan Administrasi Kependudukan 2020 (FOTO : HUMAS PEMDA PARIMO)

Parigi Moutong – Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai SE, mengikuti rilis bersama data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020, didampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Parigi Moutong, Simon, SSi, MM dan Ir. Lewis selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Borobudur Jakarta itu, diikuti oleh seluruh kepala daerah di Indonesia secara virtual, Kamis (21,/01/2021).

Sekretaris Jenderal Kementerian dalam Negeri RI, Muhammad Hudori saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, rilis bersama data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020 adalah tindak lanjut selesainya sensus penduduk tahun 2020 yang dilaksanakan oleh BPS dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Dikatakannya, rilis data sensus dan administrasi kependudukan ini merupakan wujud sinergi antara BPS dan Kemendagri dalam melaksanakan sensus.

“Hal ini merupakan wujud kita bersama dalam menuju satu data kependudukan Indonesia,” ucap Hudori.

Ia menambahkan bahwa data kependudukan sangatlah penting karena digunakan untukĀ  melaksanakan layanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi dan penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Sementara itu Kepala BPS Pusat Dr. Suharianto mengatakan bahwa sensus yang dilaksanakan kali ini adalah sensus penduduk yang ke tujuh. Ia menambahkan bahwa tujuan pelaksanaan sensus ialah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia, menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

“Sensus kali ini menggunakan metode data registrasi yang relevan dengan sensus (Data Adminduk) yang kemudian dilengkapi dengan sampel survey,” jelasnya. (SUMBER : HUMAS PEMDA PARIGI MOUTONG )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.