Viral, Poling Calon Sekda Parimo Beredar, BKPSDM : Itu Bukan Dari Pansel

oleh -
Lelang jabatan Sekda Parigi Moutong (Foto Ilustrasi)

Laporan : Faradiba

Berita Parigi MoutongViralnya poling calon Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Parigi Moutong, yang dikeluarkan dari situs PolingKita.com menempatkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah, dr. Revy Tilaar diposisi pertama dengan presentasi 31,1 persen atau 1147 suara, sontak membuat Badan Kepegawaian Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) angkat bicara.

BKPSDM Parigi Moutong mempertegas terkait poling calon SEKDA yang tengah beredar di masyarakat bukan dikeluarkan oleh Panitia Seleksi (PANSEL).

Kepala Bidang Pengadaan, Informasi Dan Kinerja Aparatur BKPSDM Parigi Moutong, Aktorismo Kay yang dikonfirmasi media ini, Selasa (10/11/2020), mengatakan terkait poling tersebut pihaknya sudah melihat, namun soal keasliannya pihaknya masih mempertanyakan.

Sebab menurutnya, hingga saat ini belum ada satu orang pun yang mendaftar sebagai calon SEKDA.

“Lantas dari mana nama-nama yang ada dalam poling tersebut, karena hingga hari ini (Selasa 10/11/2020-red) kami sebagai Dinas penyelenggara belum menerima berkas para pendaftar calon SEKDA,” Ujar Aktor sapaan akrabnya.

Disampaikannya, berdasarkan tahapan jadwal perekrutan calon SEKDA Parigi Moutong, pengumuman pendaftaran dibuka mulai tanggal 4 sampai 10 November 2020, penerimaan berkas tanggal 5 sampai 11 November, seleksi administrasi tanggal 12 sampai 13 November dan pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 16 November.

Setelah pengumuman seleksi administrasi, akan dilanjutkan dengan tes kompetensi manajerial (Assesment Center) ditanggal 18 sampai 19 November 2020, yang meliputi tes problem analisis, In Tray, Leaderless Group Discusion (LGD), wawancara kompetensi serta psikometri.

“Pengumuman hasil Assesment akan diumukan tanggal 21 November, setelah itu ditanggal 23 November jadwal penyerahan makalah dan powerpoint. Selanjutnya, tanggal 24 sampai 25 November kegiatan tes kompetensi teknis yang meliputi penulisan/pemaparan makalah dan Fit and Proper Test,” beber Aktor.

Penetapan hasil seleksi akan ditetapkan ditanggal 25 November. Kemudian PANSEL akan lakukan uji publik ditanggal 26 sampai 27 November.

Usai uji publik, ditanggal 30 November akan ada penyampaian kepada Bupati Parigi Moutong atas nama-nama yang lolos, dan terakhir pelaporan ke KASN.

Ditambahkannya, jika dalam pendaftaran berkas calon pendaftar tidak memenuhi batas minimal pendaftar, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran calon SEKDA.

Batas minimal calon pendaftar yang memenuhi syarat harus tiga orang, namun jika yang mendaftar tidak sampai tiga orang maka pendaftaran akan diperpanjang,” terang Aktor.

Diketahui PANSEL terdiri dari lima orang, tiga diantaranya adalah akademisi dan semuanya bukan dari Kabupaten Parigi Moutong. Hal ini untuk memastikan objektivitas penilaian untuk figur yang tepat duduk di kursi SEKDA.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.