Tunjang Pengentasan Kemiskinan, Bappelitbangda Susun Dokumen Advokasi Belanja Publik

oleh -4 views

Reporter : Elli

PLANO, Parigi Moutong – Guna menunjang program pengentasan kemiskinan, Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2019 menyusun dokumen advokasi belanja publik.

Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong, Novi Banda mengatakan, penyusunan dokumen advokasi belanja publik bertujuan melihat  pendanaan sebuah program untuk penanggulangan kemiskinan.

“Contoh, untuk OPD yang memiliki program pengentasan kemiskinan apakah sudah memporsikan anggaran sesuai dengan kebutuhan lapangan, sehingga target dilaksanakannya sebuah program dapat dicapai,” jelasnya kepada beritaplano.com saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini.

Menurutnya , dokumen ini juga akan digunakan sebagai acuan untuk melihat relevansi program dan anggaran, serta melihat pengaruhnya terhadap belanja publik.

Kata dia, untuk program pengentasan kemiskinan telah dibentuk tim yang terdiri dari fasilitator kemiskinan, sehingga diharapkan bisa berjalan sesuai target. Bahkan kata dia, tim mulai  mengumpulkan basis data terpadu sebagai bahan penting dalam penyusunan dokumen.

Selain itu menurutnya, ada program penanggulan kemiskinan berupa  program Garda Emas atau gerakan terdepan pembangunan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

Program Itu juga diharapkannya bisa berjalan sesuai dengan harapan pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dalam menurunkan angka kemiskinan.

Sehingga, tim pokja melakukan maping program disetiap OPD, pemerintah kecamatan hingga ke pemerintah desa. Agar ada disingkronisasi program dari  kabupaten hingga tingkat desa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *