Total PAD, Rp 1,620 Triliun, Disepakati Sebagai Angka Input

oleh -4 views


Reporter : Eli


PLANO, Parigi Moutong – Total Pendapatan Asli Daerah untuk Kabupaten Parigi Moutong pada tahun 2020 Rp 1.620.065.307.040,00. Angka ini disepakati sebagai angka input dan masih bergerak naik sembari menunggu sumber pendapatan lain yang tengah diupayakan. Angka itu disepakati dalam rapat badan anggaran antara DPRD dan TAPD, di kantor sementara DPRD, Rabu (20/11/2019).


Ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin mengatakan, masih banyak sumber pendapatan yang belum didorong dengan maksimal. Sehingga kata dia, perlu ada pembahasan khusus dengan OPD penghasil.


Anggota Banggar H. Suardi mengatakan, ada pola yang dianggap perlu diperbaiki dalam hal pencapaian PAD. Misalnya kata dia, target pendapatan penerangan jalan umum tahun sebelumnya sebesar Rp 7 milyar tetapi terealisasi Rp 8 milyar,anehnya kata dia, Pemda menetapkan target 2020 tetap Rp 7 milyar.


“Padahal ini sudah terukur, ini potensi. Kenapa turun lagi,?” ungkapnya.


Kemudian kata dia, potensi pendapatan dari Pajak Bumi Bangunan, galian C dan retribusi pasar yang belum dikelolah dengan maksimal.


“Retribusi pasar kurang tersentuh, pemda yang bangun kenapa disebut sulit tarik retribusi. Harus didorong, sewa rumah saja berapa per tahun, kalau alasan tidak ada yang beli tinggal saja disitu sebagai rumah sewa,” ujarnya.


Terkait itu, politisi Gerindra Arifin Dg Palalo mengatakan, pengelolaan pasar perlu untuk diseriusi karena ada potensi sumber PAD yang bisa ditingkatkan.


“Ada beberapa pasar besar disini, tetapi pendapatan dari situ kecil, pengelolaanya belum serius,” kata dia.


Terkait itu, Leli Pariani anggota Badan Anggaran meminta kepada eksekutif untuk memperhatikan fasilitas pasar, bukan hanya berfokus untuk menarik retribusi.


“Harus ada perbandingan dari OPD. Pasar dimintakan retribusi tetapi pemda harus melihat pasar dilapangan. Jangan hanya bisa minta retribusi, tidak ditengok kesana keadaan mereka,” tandasnya.


Rapat Banggar yang dihadiri Sekretaris Daerah H.Ardi, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Yusril, Kepala Dinas Pendapatan Yasir dan Kepala Bappelitbangda Zulfinasran menyetujui total PAD diproyeksikan Rp 1.620.065.307.040,00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *