Tingkatkan Keterampilan, Kelompok Perempuan Desa Tovalo Dilatih Pembuatan Kue dan Keripik

oleh -1 views
kepala Seksi PMD Kecamata Kasimbar membuka kegiatan pelatian pembuatan kue dan kripik pisang pada Kelompok Perempuan Nompesana Desa Tovalo. ( Foto Sam;Udin )

Reporter : Sam’ Udin

PLANO, Kasimbar- Guna meningkatkan keterampilan, kelompok perempuan Nompesana Desa Tovalo, dilatih membuat kue dan kripik pisang , Kamis (26/12 ). Bertempat di sekolah TK/Paut Bina Muliyah Desa Tovalo, pelatihan tersebut di buka Kasi PMD Kecamatan kasimbar, Didik P kusbianto.

Didik dalam sambutan singkatnya, mengatakan  kelompok prempuan harus diapresiasi dan didukung dalam setiap upayanya untuk meningkatkan keterampilan.

Meski terdengar sederhana kata dia, keterampilan membuat kue dan keripik pisang mampu mendorong perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarganya.

Oleh karena itu Kata Didik, usaha pembuatan kue dan kripik pisang ini sejatinya mempunyai prospek yang cukup menjanjikan jika dikelola secara professional, disamping bahan bakunya mudah didapatkan, pemasarannya juga terbilang mudah.

Sehingga kata dia, hasilnya sangat layak untuk dikembangkan menjadi salah satu produk unggulan desa.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memberdayakan masyarakat khususnya perempuan, agar kegiatannya lebih bermanfaat dan hasilnya juga bisa dinikmati oleh kita semua. Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh hasilnya lumayan sehingga keuntungannya bisa dikelola bersama untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

Sekdes Desa Tovalo Riskal pada beritaplano.com mengatakan, pelatihan pembuatan kue dan keripik pisang ini merupakan salah satu bagian dari pemberdayaan masyarakat yang hasilnya diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Tovalo melalui usaha rumah tangga.

“Anggota kelompok perempuan Nompesana Desa Tovalo, terdiri dari 20 orang dan  mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

Lanjut Riskal,  pelatihan Kelompok Perempuan  Nompesana Desa Tovalo, didanai oleh Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2019 dengan angaran Rp 19,323,000.

Pantauan media ini, sejumlah pemateri dihadirkan, diantaranya Rafiqah, juga Kasi PMD kecamatan Kasimbar Didik P Kusbianto, Abd  Nasir Hasan Tjako, dan pendamping lokal Desa (PLD) Desa Tovalo Darmawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *