Tiga Hari Lagi Perekrutan PPK Ditutup, Belum Semua Kecamatan Memenuhi Kuota

oleh -2 views
Pendaftaran PPK KPU Parigi Moutong (Foto: Eli)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Perekrutan tenaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong sejak tanggal 18 Januari 2020 akan ditutup pukul 00.00 tanggal 24 Januari 2020. Tinggal tiga hari lagi proses pendaftaran ditutup namun diketahui belum semua kecamatan terpenuhi kuotanya.

Hal itu diungkapkan Ketua Divisi Pendidikan Pemilih, Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Parigi Moutong, Abdul Gafur, yang ditemui Beritaplano.com diruang kerjanya, Selasa (21/1/2020).

Ketua Divisi Pendidikan Pemilih, Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Parigi Moutong, Abdul Gafur

“Hingga hari ketiga (Senin kemarin-red), pendaftar baru mencapai 78 orang. Laki-laki 60, perempuan 18 orang,” ujarnya.

Angka itu kata dia, belum mencapai target sesuai kebutuhan jumlah PPK yakni sebanyak 10 orang dalam setiap kecamatan. Lima orang yang akan dilantik menjadi PPK, dan lima orang lainnya dipersiapkan jika terjadi Pergatian Antar Waktu (PAW).

“Belum semua kecamatan terisi pendaftar, namun kita tetap optimis akan terisi karena berdasarkan pengalaman kami, biasanya pendaftar membludak dihari terakhir,” jelasnya.

Namun kata dia, jika sampai hari terakhir pendatafran yakni pukul 00.00 tanggal 24 Januari angka pendaftar belum juga mencukupi kuota, maka pihak KPU Parimo akan melakukan perpanjangan waktu selama tiga hari.

Selain itu, pihak KPU juga akan mengambil langkah-langkah lain untuk memenuhi kebutuhan misalnya bekerjasama dengan perguruan tinggi, dengan memperhatikan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait pendaftaran PPK ini, yang ditegaskan kata Gafur, jangan sampai ada penyelenggara yang didapati sebagai pengurus Partai Politik.

“Pendaftar yang pernah terlibat sebagai pengurus Parpol, diharapkan agar melampirkan surat keterangan dari partainya bahwa tidak lagi menjabat sebagai pengurus ataupun anggota selama paling minim lima tahun terakhir,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *