Tiga Bulan Pelatihan, GSMS Gelar Pentas Akhir

oleh -7 views
Pertunjukan seni tari dari SMA Neg I Parigi Utara (Foto:Basrul)

Reporter : Basrul idrus

PLANO, Parigi Moutong –Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), yang digagas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, telah dilaksanakan selama tiga bulan di Kabupaten Parigi Moutong dan memasuki tahap akhir masa pelatihan. Hal itu ditandai dengan digelarnya pentas akhir GSMS.

Pentas akhir ini mengusung tema “Seni + Karakter = SDM Unggul” di aula Bappelitbangda Parigi Moutong, Minggu (24/11).

Pertunjukan pentas akhir ini diikuti tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Parigi Utara  yang menampilkan pertunjukan seni tari, SMA Negeri 1 Parigi Tengah yang menampilkan seni musik dan SMK Negeri 1 Parigi yang menampilkan seni teater.

Ririn Tiangso yang mewakili Kemdikbud bagian direktorat kesenian Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan, GSMS adalah program rutin yang digelar tiap tahun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahun ini kata dia, hanya ada tiga sekolah yang menjadi sasaran program GSMS di Kabupaten Parigi Moutong. 

“Walaupun hanya tiga sekolah di Parigi moutong yang terlibat di tahun ini tapi hasilnya sangat memuaskan. Itu bisa dilihat dari pertunjukan-pertunjukan yang di tampilkan, ” ungkapnya.

Ririn berharap semoga kedepannya bukan hanya tiga sekolah yang mendapatkan program GSMS agar setiap sekolah mampu mengkader seniman-seniman baru, mendirikan sanggar seni untuk memajukan kebudayaan di Parigi Moutong.

“Kepala sekolah harus ikut andil dalam kegiatan ini, agar program ini sukses dan membawa dampak positif yang lebih besar untuk daerah ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *