Tertunda di 2020, Tahun Ini Bidang Kebudayaan Programkan Sejumlah Pelatihan

oleh -
Kabid Kebudayaan Sri Nur Rahma S,Sos M,Si
Kabid Kebudayaan Sri Nur Rahma S,Sos M,Si

Liputan : Zahra Syafira

Parigi Moutong– Tahun ini, Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Parigi Moutong programkan pelatihan bagi kelompok seni, pembuatan film dan fotografi. Program ini sempat diusulkan tahun 2020 kemarin, namun tidak dapat dilaksanakan karena meningkatnya kasus pandemi COVID-19.

“Tahun ini ada sejumlah pelatihan seperti pembuatan film, fotografi dan pelatihan lain di kelompok-kelompok seni termasuk seni musik. Tapi kita akan bergeser ke wilayah utara, karena menurut kami untuk yang di Parigi sudah terakomodir tahun-tahun sebelumnya,” jelas Kepala Bidang Kebudayaan Sri Nur Rahma, S.Sos, M.Si saat ditemui belum lama ini di ruang kerjanya.

Kepada Beritaplano.com Sri mengungkapkan, wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong juga memiliki banyak seniman yang bergabung bahkan mengelola kelompok-kelompok seni. Itulah sebabnya kata Ia, pihaknya berupaya agar pelaku seni mendapat perhatian yang sama.

“Karena beberapa tahun kemarin teman-teman Parigi sudah banyak ikut pelatihan, walaupun kita juga mengundang dari wilayah utara, hanya saja mungkin karena ada kendala seperti jarak tempuh, mereka tidak bisa hadir. Jadi kita upayakan agar nanti pelatihan bisa dilaksanakan di sana,” bebernya

Menurut Sri, pelatihan film dan fotografi masih dianggap penting kembali dimasukan ke dalam program kerja karena banyak diminati kalangan anak muda. Selain itu pada bidang perfileman dan fotografi ini, anak-anak Parigi Moutong sudah beberapa kali masuk berkompetisi dalam lomba berskala nasional.

“Rencana kita tahun ini program masih sama, usulannya masih sama. Hanya saja kita juga masih menunggu apakah sudah dibolehkan mengumpulkan orang untuk pelatihan. Harapannya  program yang diusulkan bisa terlaksana tahun ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.