Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya Wisata Paling Hits di Ujung Selatan Parigi Moutong

oleh -3 views
Spot Foto wisata bakau di Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya ( Foto: Eli)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Tanjung inspirasi karoso ndaya yang terletak di Desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong menjadi lokasi wisata bakau paling hits di ujung selatan Parigi Moutong. Baru dikelolah pemerintah desa sekitar empat bulan, sudah mampu menarik ratusan pengunjung setiap akhir pekan.

Tanjung inspirasi karoso ndaya hanya berjarak 52 Km dari ibu kota Kabupaten Parigi Moutong,  sekitar 2 KM dari jalan Trans Sulawesi menuju arah pantai, akses jalan yang mudah menjadikannya wisata primadona diakhir pekan.

Pemerintah desa menyiapkan area parkir, untuk motor Rp 2000 untuk mobil Rp 5000, kenderaan anda akan aman dijaga oleh pemuda desa setempat. Jarak daratan dengan tanjung inspirasi sangat dekat, cukup naik perahu sekitar 5 menit dengan membayar Rp 5000/orang anda akan diantar kesana, sewa itu sudah termasuk biaya antar jemput. Ada tiga unit perahu yang disiapkan oleh pemerintah desa, dua perahu besar dan satu perahu berukuran sedang.

Luas lahan yang dikelolah sekitar lima hektar didalamnya banyak tumbuhan jenis mangrove menjadikan tempat ini sangat sejuk, ada enam unit cottage sederhana yang disiapkan lengkap dengan MCK. Setiap jumat warga desa bergiliran tiap dusun untuk datang membersihkan, tak heran jika tempat ini sangat bersih dan nyaman.  Sangat cocok untuk dijadikan camping ground, luas dan banyak pepohonan juga lingkungannya aman.

Ketua pengelolah wisata tanjung insipirasi karoso ndaya Hafid mengatakan, pemerintah desa sudah menetapkan tarif biaya masuk lokasi wisata yaitu Rp 5000 untuk sewa perahu antar jemput, jika ingin menggunakan fasilitas lain berupa spot foto ada biaya tambahan demikian juga untuk cottage. Pemasukan dari pengunjung ini dikelolah untuk perbaikan dan pemeliharaan lokasi wisata itu sendiri.

Pantauan media ini, ada beberapa spot foto yang instagramable, ada penjual makan dan miuman ringan, juga ada rumah makan yang menyediakan ikan segar dan ada penangkaran kepiting bakau yang dikelolah oleh pemerintah desa. Lengkap bukan?

Tunggu apa lagi, bingung mau liburan kemana akhir pekan ini? Kunjungi saja wisata bakau yang lagi hits di Sausu Tambu, murah meriah dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *