Tanggap Bencana, BPBD Parimo Gelar Pelatihan TRC di Tinombo

oleh -3 views

Reporter : Fadel

PLANO, Tinombo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong melakukan pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC), Senin (11/11/2019).
Pelatihan yang melibatkan 104 peserta yang terdiri atas unsur masyarakat serta tim bela negara dan bela diri dari Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Lauje tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna Tinombo, Desa Tinombo Kecamatan Tinombo.

Kepada Beritaplano.com, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Parimo,Asnawir mengatakan pelatihan tersebut direncanakan berlangsung dari 11 sampai 13 November 2019 dengan keterlibatan pemateri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat serta Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pelatihan ini sebagai upaya menyiapsiagakan respon masyarakat terhadap bencana secara tepat dan cepat demi terselenggaranya penanggulangan bencana yang terencana, terpadu dan menyeluruh,” ujarnya.

Asnawir menjelaskan dalam pelatihan tersebut peserta diberikan beberapa materi seperti diantaranya kaji cepat untuk menetapkan status darurat kondisi bencana serta alur sistem komunikasi penanganan darurat bencana dan juga beberapa bentuk simulasi seperti pendirian posko dan pemasangan tenda.

“Selama dua hari peserta diberikan simulasi tentang penanganan kebencanaan yang cepat,” tuturnya.

Ditambahkannya pelatihan TRC tersebut masih akan tetap berlanjut dan akan menyasar seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

“Ke depan kita akan tetap melanjutkan pelatihan ini, apalagi semua wilayah kabupaten Parimo berpotensi bencana jadi harus ada persiapan salah satunya lewat pembentukan tim reaksi cepat,”ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *