Tahun Ini, DD Taopa 42 % Pemberdayaan, 58 % Program Fisik

oleh -11 views


Reporter : Rais H. Rantenai


PLANO, Taopa – Pemerintah Desa Taopa menetapkan program prioritas tahun 2020 sesuai perengkingan dokumen RKPDes. Sehingga tahun ini dana desa (DD) Taopa diperuntukan 42% untuk pemberdayaan dan 58% untuk pembangunan.


“Setiap program yang ditetapkan berdasarkan urutan perengkingan agar semua program yang masuk melalui pengajuan bisa terealisasi secara bertahap,” demikian disampaikan Sekdes Taopa Abd.Haris Laparako kepada Beritaplano.com belum lama ini.


Abd.Haris menjelaskan, anggaran yang dikelolah Desa Taopa tahun 2020 sebesar Rp 1.275.473.864 terdiri dari DD Rp 883.647.000 dan ADD Rp 379.280.180 serta pajak dan retribusi Rp 12.798.684.


Anggaran ini kata dia, diperuntukan bagi program pendidikan, pembagunan fisik dan kesehatan, untuk pemberdayaan diperuntukan bagi kelompok perempuan dan pertanian.


Untuk bidang kesehatan, jelas Sekdes, menempatkan stunting sebagai salah satu prioritas. Juga pengadaan makanan tambahan, susu, obat suplemen dan honor bagi kader.


“Mendukung program stunting, tahun ini juga ada Posyandu remaja, lansia dan ibu hamil. Juga ada honor kader untuk 21 orang yang terdiri dari kader posyandu, balita, remaja, lansia dan jumantik,” jelasnya.


Sedangkan untuk pembagunan fisik, tahun ini akan ada pembuatan drainase di dua dusun yakni dusun II dan V masing-masing sepanjang kurang lebih 90 meter. Selain itu, ada pembuatan tugu monumen Desa Taopa.


Sedangkan untuk program dibidang Pendidikan, pemerintah desa menganggarkan bantuan beasiswa untuk beberapa anak-anak dari keluarga tidak mampu dari jenjang SD sampai SMA, honor guru TK PAUD, dan honor guru sekolah agama seperti Al-Khairat.


Sementara itu dari segi pemberdayaan, pemerintah desa Taopa mengalokasikan anggaran pemberdayaan bagi kelompok perempuan yang bergerak di kelompok produksi minyak kelapa kampung premium, kelompok usaha produksi keripik pisang dan kelompok usaha pembuatan roti.


Juga kata dia, untuk pemberdayaan dibidang pertanian, pemdes Taopa mengalokasikan anggaran bagi kelompok tani yang berjumlah lima kelompok dan mendapat bantuan alat pertanian seperti mesin paras dan tangki semprot, satu kelompok dapat bantuan bibit kakao sambung pucuk dan sensor mini.


“Kedepan harapan kami apa yang sudah menjadi program bisa bermanfaat untuk masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan, dan untuk program yang belum menjadi prioritas tahun ini akan menunggu sesuai dengan perengkingan dalam usulan RKPDes secara bertahap,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *