Tahun 2021, Alokasi DD Masih Prioritaskan BLT dan Penanganan COVID-19

oleh -
Gambar Ilustrasi

Liputan : Eli

Parigi Moutong – Berdasarkan petunjuk Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) untuk tahun 2021, Dana Desa (DD) masih memprioritaskan penanganan COVID -19 dan pemberian Bantuan Langsung Tunai untuk masyarakat desa.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Parigi Moutong Mohamad Sarif S.STP saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/11).

Di penghujung tahun ini kata dia, Dinas PMD akan melakukan sosialisasi peraturan penggunaan DD dan ADD tahun 2021 agar sesuai dengan peruntukkanya.

Ditambahkannya, untuk DD tahun 2021 selain untuk program BLT dan program penanganan COVID-19 , DD juga digunakan untuk program padat karya tunai.

“Padat karya tunai ini program yang melibatkan masyarakat dalam pelaksanaanya supaya anggaran DD itu hanya berputar di desa. Masyarakat yang dilibatkan bisa menerima manfaat langsung dari DD itu,” jelasnya.

Dijelaskannya, jika tidak ada perubahan aturan dari pusat, program penanganan COVID-19 akan dilaksanakan dan pemberian BLT masih pada angka Rp 600 ribu.

Sementara itu, untuk program rutin lain seperti pelatihan aparat desa untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di pemerintahan desa, belum dapat dipastikan bisa dilaksanakan atau tidak. Sebab hal itu masih menunggu porsi anggaran yang diberikan untuk tahun 2021.

Baca juga Tugas Dinas PMD Bukan Pengawas, Tapi Pembina Pengelolaan Dana Desa

baca juga Puluhan Milyar Dana Desa Tahap Tiga Terancam Tidak Dicairkan

Baca juga Diduga Selewengkan Dana Desa, Pemdes Dua Desa di Parigi Moutong di Panggil Jaksa

Baca juga Diduga Selewengkan Dana Desa, Pemdes Dua Desa di Parigi Moutong di Panggil Jaksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *