Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 13 Apr 2022

Studi Tiru Penyusunan Raperda Penyiaran di Yogyakarta


 Studi Tiru Penyusunan Raperda Penyiaran di Yogyakarta Perbesar

PARIMO – Panitia Khusus (Pansus) II, DPRD Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, melakukan studi tiru ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menambah referensi penyusunan Raperda tentang pembentukan dan pengelolaan penyiaran publik radio lokal Pemerintah Daerah (Pemda).
Rabu (13/04), Yusup selaku Ketua Pansus Raperda mengatakan bahwa studi tiru yang dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan untuk mencari tambahan referensi merupakan hasil kesepakatan antara anggota Pansus Perda II bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Parimo.
Ia mengungkapkan, agar tidak melanggar ketentuan yang diatur dalam sistem penyiaran, studi tiru yang dilakukan bersama Dinas Kominfo tersebut berguna sebagai penguatan penyusunan Raperda sebagai payung hukum pengelolaan penyiaran publik radio lokal Pemerintah Daerah (Pemda).
Selain melakukan kunjungan, Yusup juga mengungkapkan bahwa DPRD Parimo dan Diskominfo akan berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo, terkait pembekuan izin siar oleh perwakilan kementerian di Palu.
Adapun yang menyebabkan pembekuan tersebut karena tidak adanya ketentuan untuk menggunakan sistem komunikasi udara atau frekuensi. Ini dikhawatirkan akan berdampak pada proses penerbangan saat melihat di udara Parimo.
Ia juga berharap dengan adanya Perda yang mengatur tentang penyiaran radio ini ke depannya dapat melahirkan radio di tiga wilayah di Parimo yakni Parigi, Tinombo dan Moutong. Dan dengan adanya penyiaran publik lokal, hal ini dapat menjadi sarana publikasi, inovasi dan edukasi bagi masyarakat.
“Selaku Ketua Pansus yang bertanggungjawab memimpin Pansus ini, saya berharap masyarakat Parimo dapat memberi masukan yang membangun, sebelum Raperda ini disahkan dan dilembar daerahkan,” pungkasnya.(NS)

banner DiDisdik
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polri Bongkar 405 kasus TPPO Selama Periode 2020-2023

5 Mei 2023 - 20:44

Lestari Harap Pemerintah Fokus Pembangunan Budi Pekerti SDM Nasional

28 Februari 2023 - 20:04

Mahamuddin Ahmad : Kedatangan Anies Baswedan pada Munas KAHMI XI di Palu, Ajang Pengobat Rindu Bagi Kader HMI

23 November 2022 - 23:05

Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 1 Agustus 2022 : Sembuh 60 Orang, Konfirmasi 22 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes

15 November 2022 - 14:47

BPMP Sulteng Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022 - 20:29

Hari Ulang Tahun Stasiun Televisi Pertama di Indonesia

24 Agustus 2022 - 21:55

Trending di Ragam