Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 16 Sep 2020

Siap Jadi Penyangga Calon Ibu Kota, Pemda Parimo Akan Presentasikan Komoditi Unggulan


 Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah OPD terkait, di rumah jabatan Bupati, Senin (14/9) (Foto : Humas Pemda Parigi Moutong) Perbesar

Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah OPD terkait, di rumah jabatan Bupati, Senin (14/9) (Foto : Humas Pemda Parigi Moutong)

Beritaplano, Parigi Moutong – Siap jadi penyangga Panajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota Negara, Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong akan berkunjung untuk mempresantasikan komoditi unggulan dari berbagai sektor. Diketahui, Pemda Parigi Moutong akan berkunjung ke Provinsi kedua terluas di Indonesia itu pada tanggal 21 – 23 September 2020 mendatang. Guna mempersiapkan itu, Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah OPD terkait, di rumah jabatan Bupati, Senin (14/9)

banner DiDisdik

Pada kesempatan itu, Bupati Samsurizal meminta kepada OPD untuk mempersiapkan secara detail sejumlah sektor unggulan Kabupaten Parigi Moutong yang bakal dipresentasikan dihadapan Pemerintah Kabupaten Calon Ibu Kota Negara Indonesia itu.

“Kunjungan ke Panajam Paser Utara ini selain memberikan informasi sektor unggulan daerah kita, juga sebagai langkah awal membangun hubungan, komunikasi dan informasi sesuai kebutuhan masing-masing daerah, khususnya  dukungan Parigi Moutong sebagai penyangga pangan bagi Kabupaten Panajam Paser Utara Kalimantan Timur sebagai calon Ibu Kota baru Negara,”ujar Samsurizal.

Bupati berpesan setelah presentasi nanti, OPD terkait bisa langsung berkunjung ke dinas terkait masing-masing guna membangun kerjasama.

“Dari kunjungan ini nanti kita ingin tahu kebutuhan mereka itu apa, tentunya sesuai potensi yang kita miliki. Apa yang mereka butuhkan kita siapkan,” kata dia.

banner Dinas Kesehatan

Kata Bupati, melalui kunjungan perdana ini OPD bisa menginventarisir kebutuhan Pemda Panajam Paser Utara.

“Kalau kebutuhan mereka belum cukup, kita bangun kerjasama. Kita masih memiliki waktu tiga tahun kedepan. Kalau bisa terjalin kerjasama, Pemda akan dukung sepenuhnya,” ujar Bupati.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong dr. Revy Tilaar yang juga ikut dalam rapat koordinasi itu meminta OPD terkait menyiapkan bahan presentasi sektor unggulan Parigi Moutong, mulai dari letak geografis hingga komoditi unggulan.

Komoditi unggulan yang bakal dipresentasikan diantaranya Tanaman Pangan, Hortikultura Sayuran, Peternakan, Perkebunan, Sentra Industri Kelapa. Perikanan Tangkap dan Budi Daya, UKM, Perindustrian dan Perdagangan.

“Di sektor ini nantinya kita akan presentasikan secara detail,” tandasnya

Mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong itu menyebut, anggota rombongan yang akan mendampingi Bupati kunjungan ke Kabupaten Panajam Paser Utara Kalimantan Timur yaitu, 2 orang Tenaga Ahli Pertaninan dan Perikanan, perwakilan Perbankan, Kaban Bappelitbangda, Dinas TPHP, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bagian Pemerintahan Umum dan Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong. (Sumber : Humas Pemda Parigi Moutong)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan