Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 22 Okt 2019

Semua Pihak Diminta Kawal Pelaksanaan RPJMD Parimo


 Semua Pihak Diminta Kawal Pelaksanaan RPJMD Parimo Perbesar

Reporter : Elly

banner DiDisdik

PLANO, Parigi Moutong– Guna mensukseskan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 di Kabupaten Parigi Moutong, dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mengawal semua proses mulai dari tahapan penyusunan hingga pelaksanaanya didaerah. 

Hal itu diungkapkan, Kepala Bappelitbangda Zulfinaran pada saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2018 – 2023, bertempat di Aula Pertemuan Bappelitbangda Parimo, belum lama ini. 

Dikatakannya, hal ini penting karena RPJMD adalah pedoman yang menjadi wajib sebagai acuan dalam penyusunan dan pelaksanaan program seluruh OPD untuk lima tahun kedepan.

Dia mengatakan, Bappelitbangda meyakini apa yang telah disusun bersama dalam sebuah dokumen RPJMD tidak akan terlaksana dengan baik jika Bappelitbangda tidak didukung dengan serius seluruh pemangku kepentingan. Selain dukungan diperlukan juga komitmen untuk menjalankan apa yang telah diprogramkan bersama. Demi  mewujudkan visi dan misi kepala dan wakil kepala daerah.

banner Dinas Kesehatan

“Ada beberapa yang masih harus dikaji ulang untuk dibenahi, semua harus memiliki satu konsep siapa yang jadi eksekutor, perencanaan dan siapa yang melakukan pengawasan. Tentu perencanaan ada di Bappelitbangda, eksekutor program kegiatan ada di OPD dan  pengawasan dibawah inspektorat,” jelasnya. 

Selain dukungan dan komitmen dalam melaksanakan RPJMD 2018-2023, seluruh OPD juga diminta memperbaiki dan memvalidkan data sehingga apa yang menjadi kebutuhan dalam perencanaan berangkat dari data yang benar. 

“Semua OPD harus menertibkan data, contohnya kita tau bersama Parigi Moutong  masih cukup tinggi angka kemiskinan, maka untuk membenahi itu kita harus memiliki data yang valid dan mengkaji cara penanganannya berdasarkan wilayah mana yang lebih prioritas atau yang lebih tinggi angka kemiskinannya,” tandasnya. 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Polri Bongkar 405 kasus TPPO Selama Periode 2020-2023

5 Mei 2023 - 20:44

Lestari Harap Pemerintah Fokus Pembangunan Budi Pekerti SDM Nasional

28 Februari 2023 - 20:04

Mahamuddin Ahmad : Kedatangan Anies Baswedan pada Munas KAHMI XI di Palu, Ajang Pengobat Rindu Bagi Kader HMI

23 November 2022 - 23:05

Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 1 Agustus 2022 : Sembuh 60 Orang, Konfirmasi 22 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes

15 November 2022 - 14:47

BPMP Sulteng Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022 - 20:29

Hari Ulang Tahun Stasiun Televisi Pertama di Indonesia

24 Agustus 2022 - 21:55

Trending di Ragam