Sempat Tertunda, Pilkades Dikabarkan Akan Digelar Tahun Ini

oleh -
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Ervian Aksa Yosa (Foto: Zahra)

Liputan : Zahra

Parigi Moutong – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Parigi Moutong yang sempat tertunda di tahun 2020,  dikabarkan akan dilaksanakan tahun ini.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Parigi Moutong, Ervian Aksa Yosa, kepada Beritaplano.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/1/2021).

Ervian mengatakan, Dinas PMD akan melaksakan program rutin yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi untuk tahun ini, akan ditambahkan dengan kegiatan yang sempat tertunda tahun kemarin diantaranya Pilkades.

“Tertundanya Pilkades tahun kemarin sesuai dengan edaran pemerintah pusat dikarenakan adanya Pilkada,” ujarnya.

Namun, ditanya terkait kapan waktu pelaksanaan Pilkades tersebut, Ervian mengaku belum dapat dipastikan tanggal dan bulannya. Hanya saja kata dia, diupayakan dilaksanakan secepatnya, bersamaan dengan Pilkades bagi Kepala Desa yang selesai masa tugasnya tahun ini.

Pihaknya juga kata dia, sudah memporsikan anggaran pelaksanaan Pilkades dan berkordinasi dengan pimpinan. Tinggal menunggu keputusan lanjutan dari pimpinan terkait waktu pelaksanaanya.

“Sembari menunggu keputusan lanjutan  pemerintah pusat terkait pelaksanaannya, kita akan berkordinasi dengan pihak Kepolisian, tim gugus tugas COVID-19 kabupaten mengingat keadaan pandemi yang semakin meningkat,” jelasnya.

Menurut Ervian, bagi desa yang sebelumnya sudah membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa, tinggal melanjutkan tahapan proses Pilkades. Hanya saja kata dia, harus tetap berkordinasi sehingga dimungkinkan tidak ada pelanggaran dalam prosesnya.

“Kan memang menjadi beban kami juga di PMD dan teman-teman di desa, bertanya-tanya kapan pelaksanaan Pilkades. Jadi kami sudah berkordinasi dengan pimpinan, penyampaian dari Kadis, bahwa pelaksanaan Pilkades yang kemrin itu akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan kades yang selesai tahun ini, supaya tidak dilaksanakan dua kali,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *