Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 29 Sep 2019

Semarak FLI di Parimo, FTBM Gelar Ragam Kegiatan Literasi


 Kuis Rengking I yang dipandu oleh Ketua Forum TBM Parimo (Foto : Ist)
Perbesar

Kuis Rengking I yang dipandu oleh Ketua Forum TBM Parimo (Foto : Ist)

Reporter : Eli

banner DiDisdik

PLANO, Parigi Moutong – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Parigi Moutong menggelar Festival Literasi Internasional  (FLI) sebagai rangkaikan peringatan Hari Literasi Internasional,  bertempat di lapangan Taman Literasi Toraranga Parigi, minggu (29/9).  

Semarak FLI ini dirayakan dengan ragam kegiatan literasi, mulai dari pagi hingga malam hari, yang dihadiri mulai dari anak usia dini (Paud), tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, perguruan tinggi hingga peserta pendidikan non formal, dari Pusat kegiatan belajar Masyarakat (PKBM).  

Pantauan media ini, kegiatan dibuka oleh Kepala Dikbud Adrudin Nur, tampak hadir Ketua Forum Tutor Pendidikan dan Kesetaraan Darman M,Pd, Forum PKBM Parigi Moutong, dan sejumlah pengelolah PKBM dan TBM yang ada di Kabupaten Parigi Moutong serta komunitas.  

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Parigi Moutong (Dispusaka) dan didukung oleh Bidang Tata Ruang pada Dinas PUPRP Parigi Moutong.

banner Dinas Kesehatan

Ketua pelaksana kegiatan, Imam kepada Beritaplano.com mengatakan, Festival Litersi Internasional di Parigi Moutong tahun ini mengusung tema “Baca Budaya, Rangkai Masa Depan”. 

Foto bersama Kepala Dikbud Parimo Adrudin Nur, Ketua Forum Tutor Darman M,Pd, Ketua Forum TBM Parimo Devi Artini Uga, Forum PKBM Parimo, Dispusaka, Apoteker, dosen perguruan tinggi dan sejumlah pegiat/relawan literasi. (Foto : Ist)

Tema ini kata dia, diangkat atas kesadaran kolektif bahwa budaya Parigi Moutong yang beragam adalah salah satu kekayaan daerah yang bukan hanya sekadar untuk diketahui, tetapi perlu dipelajari dan dituliskan untuk dilestarikan.

Itulah sebabnya kata dia, FLI kali ini menggelar ragam kegiatan seperti pertunjukan menari, kelas menulis, kelas mendongeng yang diikuti anak usia dini, malam puisi untuk umum, bedah buku, senam pelopor dan pelapor dari Forum Anak Daerah (FAD) , senam cuci tangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya (STIK-IJ)  dan edukasi Gema Cermat dari Apoteker.

“Ada stand juga yang diisi Forum PKBM, Forum Anak Daerah, Perguruan Tinggi dan beberapa sekolah,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun media ini, FTBM menghadirkan dua penulis yang sudah dikenal di Sulawesi Tengah untuk mengisi kelas menulis, menghadirkan pendongeng professional dan beberapa pegiat literasi dari berbagai daerah yang ikut meramaikan dan mendukung kegiatan tersebut.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

3 Keutamaan Sholat Tarawih: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Ramadhan

30 Maret 2023 - 15:32

Keutamaan Sholat Tarawih

3 Aktivitas Kreatif untuk Dilakukan Bersama Keluarga saat Lebaran

28 Maret 2023 - 15:48

Aktivitas Kreatif saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Seru untuk Dikunjungi Selama Idul Fitri

28 Maret 2023 - 15:25

Destinasi Wisata

10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba

28 Maret 2023 - 15:08

Makanan Khas Lebaran

7 Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Indonesia

28 Maret 2023 - 14:59

Merayakan Idul Fitri

5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Video di YouTube

19 Maret 2023 - 09:51

Meningkatkan kualitas video di YouTube
Trending di Ragam