Semangat Kukusa, FTBM Gandeng Bank Sulteng Gelar Kegiatan ‘Pahlawan Sampah’

oleh -3 views
Foto bersama usai kegiatan (Doc. Ftbm)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Parigi Moutong gelar kegiatan ‘pahlawan sampah’ untuk mengedukasi anak-anak mendaur ulang kaleng bekas menjadi celengan. Kegiatan yang digelar tepat pada hari Pahlawan Nasional 10 November tersebut, juga sebagai perwujudan semangat Kukusa.

Hal itu diungkapkan Ketua FTBM Parigi Moutong Devi Artini Uga kepada Beritaplano.com, baru-baru ini.

“Kegiatan ini adilakukan untuk mengedukasi anak -anak agar mau mencintai lingkungannya. Caranya dengan mendaur ulang kaleng bekas menjadi celengan. Kegiatan ini dilaksanakan selain memperingati hari pahlawan 10 november, juga ikut mensukseskan program pemerintah meraih Adipura,” ujar Devi.

Selain itu kata dia, inisiasi merubah sampah menjadi barang bermanfaat ini adalah bagian untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak. Melukis merupakan salah satu cara mengasah kreativitas anak.

“FTBM tiap bulannya menggelar kegiatan literasi di Taman Literasi Toraranga, kali ini menggandeng Bank Sulteng untuk memeriahkan acara Pahlawan Sampah, selain melatih anak-anak menjadi Pahlawan Sampah, kegiatan ini meningkatkan kreativitas anak-anak dengan melukis memakai cat acrylik, dan langsung dapat buku Tabungan dari Bank sulteng,” jelasnya.

Lanjut Devi, kegiatan kali ini melibatkan Forum Anak Daerah (FAD) sebagai bentuk komitmen menjadikan ruang terbuka hijau sebagai tempat yang aman bagi anak- anak.

“Selain ada edukasi menabung dari Bank Sulteng ada juga edukasi tentang stop kekerasan terhadap anak. Melalui senam Pelopor dan pelapor serta diajarkan tepuk hak anak,” kata dia.

Semua kaleng yang sudah diwarnai dan siap menjadi celengan dibawa pulang oleh masing-masing anak untuk digunakan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *