Selama 2019, Pinjaman KUR Capai Rp 197 Miliar

oleh -4 views

Reporter : Fadel

PLANO, Tinombo –  Minat masyarakat Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dengan bantuan permodalan dalam bentuk pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih cukup tinggi.

Kepada Beritaplano.com, pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Parigi, Erwin Nur Himawan disela kegiatan sosialisasi KUR BRI 2020 di Tinombo, pada Kamis (23/1/2020) mengatakan capaian pinjaman KUR di Kabupaten Parimo selama 2019 mencapai Rp 197 miliar dan telah menjangkau 15 ribu debitur.

Dirinya mengatakan dengan angsuran suku bunga yang rendah, KUR dari BRI sangat diminati masyarakat khususnya yang membutuhkan modal usaha. Bahkan menurutnya, realisasi KUR mikro per 1 Januari hingga 20 Januari 2020 telah mencapai Rp 12 milyar lebih dan tersalur di 502 debitur.

“Kita merealisasikan pinjaman KUR kepada masyarakat Parigi Moutong yang membutuhkan modal usaha, bagi masyarakat yang berminat silahkan datang di empat belas kantor unit kami atau di kantor cabang BRI  di Parigi,” ujar Erwin.

Adapun syarat untuk mendapatkan KUR, Erwin menjelaskan bahwa sangatlah mudah yakni memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, serta memiliki izin usaha dan tak memiliki fasilitas pinjaman di bank lain.

“Pinjaman KUR kami peruntukkan bagi masyarakat yang sedang mengelola usaha mikro, dimana tahun ini angsuran suku bunganya sangat rendah yakni enam persen,” paparnya.

Selain angsuran suku bunga yang rendah, untuk pinjaman KUR tahun 2020, Erwin menuturkan bahwa usaha mikro dapat meminjam hingga Rp 50 juta dengan syarat mempunyai izin usaha yang dikeluarkan oleh desa atau kecamatan setempat.

“Kecuali pinjaman di atas Rp 50 juta harus mempunyai izin usaha dari Kabupaten,” terang Erwin.

Sosialisasi KUR BRI 2020 tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna Tinombo, dan dihadiri pelaku ekonomi mikro Kecamatan Tinombo, Kecamatan Sidoan, Kecamatan Palasa, dan Kecamatan Tomini, pemerintah desa serta dibuka oleh Camat Tinombo yang diwakili oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Tinombo, Syukur Maraila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *