Selain Bersertifikasi, Kepsek di Parimo Wajib Miliki NUKS

oleh -1 views

Reporter : Faradiba

PLANO, Tomini – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong, mewajibkan kepada seluruh Kepala sekolah (Kepsek) yang berstatus sekolah negeri  untuk memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

Hal tersebut disampaikan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu saat memberikan sambutan di kegiatan seleksi akademik Calon Kepsek (Cakep), di Aula Pogaian Desa Tingkulang, Kecamatan Tomini, belum lama ini.

Menurut Samsurizal, setiap Kepsek dalam melakukan penugasannya tanpa memiliki NUKS maka tunjangan sertifikasi Kepsek dipastikan tidak akan dibayarkan. Sebab kewajiban guru memiliki NUKS telah diatur dalam Permen 6 tahun 2018.” Ujar Samsurizal.

Selain itu menurutnya, mengapa Kepsek wajib memiliki NUKS dan bersertifikasi, sebab jika tidak akan berdampak pada terkendalanya pencairan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS).

“Tidak semua guru dapat menduduki jabatan Kepsek, jabatan Kepsek akan diperoleh apabila telah memperoleh sertifikat calon kepala sekolah dan NUKS,” terangnya.

Terkait syarat wajib calon kepala sekolah, Bupati menyayangkan jumlah kehadiran para calon kepala sekolah yang tidak sesuai dengan jumlah kepala sekolah yang belum mempunyai sertifikat calon kepala sekolah. 

Bupati menegaskan, kepala sekolah yang belum memiliki sertifikat calon kepala sekolah dan NUKS akan diberhentikan dari jabatannya.

“Sudah diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi akademik calon kepala sekolah tetapi masih ada kepala sekolah yang tidak mengikutinya. Kepala sekolah yang belum mempunyai sertifikat akan saya kembalikan menjadi guru biasa,”tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *