Sekda Parimo Zulfinasran : Kelembagaan Pamsimas Harus Lebih Baik

oleh -
serah terima serta peresmian sarana Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (FOTO : Bidang PIPW Bappelitbangda)

Liputan : Zahra Syafira

Parigi Moutong – Sekretaris Daerah Parigi Moutong Zulfinasran, menghadiri serah terima serta peresmian sarana Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk 19 desa, senin kemarin. Pada kesempatan itu, Sekda berpesan kepada seluruh masyarakat penerima program agar kelembagaan Pamsimas harus lebih baik dari sebelumnya.

Zulfinasran meminta kepada aparat desa untuk benar-benar memperhatikan kelembagaan dan pengelolaan Pamsimas. Sebab kata dia, air minum dan sanitasi adalah kebutuhan masyarakat dan Pamsimas bisa menjadi sumber PADes.

Kepala Bidang Perencanaan Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) pada Bapeplitbangda Parigi Moutong, Sudiara ST, kepada Beritaplano.com menambahkan, penting untuk mendorong pemerintah desa membuat peraturan desa (Perdes) yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan Pamsimas. Agar kata dia, ada dasar yang jelas untuk menarik retribusi.

“Hitunganya itu pakai pembagian persentase, begitu yang disampaikan Pak Sekda kemarin, agar jelas atau tidak membingungkan ketika tarifnya naik atau turun,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun, 19 desa yang mendapatkan sarana program Pamsimas tahun 2020 kemarin yaitu dua desa di Kecamatan Tomini yaitu Desa Ambesia Selatan dan Ta’aniuge, Desa Ogotion Kecamatan Mepanga, empat desa di Kecamatan Ongka Malino yaitu Desa Lambanau, Ongka Trimuspasari, Desa Padaelo dan Desa Tinombala, empat desa di Kecamatan Bolano Lambunu yaitu Desa Wanagading, Anutapura, Ogorandu, Ganonggol Sari, dua desa di Kecamatan Taopa yaitu Desa Paria dan Tompo, enam desa di Kecamatan Moutong yaitu Desa Pandelalap, Mbelang-Mbelang, Labuan, Salepae, Sialopa dan Sijoli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.