Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 27 Jan 2021

Sekda Parimo Zulfinasran : Kelembagaan Pamsimas Harus Lebih Baik


 serah terima serta peresmian sarana Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (FOTO : Bidang PIPW Bappelitbangda) Perbesar

serah terima serta peresmian sarana Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (FOTO : Bidang PIPW Bappelitbangda)

Liputan : Zahra Syafira

Parigi Moutong – Sekretaris Daerah Parigi Moutong Zulfinasran, menghadiri serah terima serta peresmian sarana Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk 19 desa, senin kemarin. Pada kesempatan itu, Sekda berpesan kepada seluruh masyarakat penerima program agar kelembagaan Pamsimas harus lebih baik dari sebelumnya.

banner DiDisdik

Zulfinasran meminta kepada aparat desa untuk benar-benar memperhatikan kelembagaan dan pengelolaan Pamsimas. Sebab kata dia, air minum dan sanitasi adalah kebutuhan masyarakat dan Pamsimas bisa menjadi sumber PADes.

Kepala Bidang Perencanaan Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) pada Bapeplitbangda Parigi Moutong, Sudiara ST, kepada Beritaplano.com menambahkan, penting untuk mendorong pemerintah desa membuat peraturan desa (Perdes) yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan Pamsimas. Agar kata dia, ada dasar yang jelas untuk menarik retribusi.

“Hitunganya itu pakai pembagian persentase, begitu yang disampaikan Pak Sekda kemarin, agar jelas atau tidak membingungkan ketika tarifnya naik atau turun,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun, 19 desa yang mendapatkan sarana program Pamsimas tahun 2020 kemarin yaitu dua desa di Kecamatan Tomini yaitu Desa Ambesia Selatan dan Ta’aniuge, Desa Ogotion Kecamatan Mepanga, empat desa di Kecamatan Ongka Malino yaitu Desa Lambanau, Ongka Trimuspasari, Desa Padaelo dan Desa Tinombala, empat desa di Kecamatan Bolano Lambunu yaitu Desa Wanagading, Anutapura, Ogorandu, Ganonggol Sari, dua desa di Kecamatan Taopa yaitu Desa Paria dan Tompo, enam desa di Kecamatan Moutong yaitu Desa Pandelalap, Mbelang-Mbelang, Labuan, Salepae, Sialopa dan Sijoli.

banner Dinas Kesehatan
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan