Rp.1,496 Triliun APBD Parigi Moutong “Ditopang” APBN

oleh -
Anggota Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD Parigi Moutong, dari fraksi PDIP, Alfrets Tonggiro

Laporan : Faradiba

Berita Parigi Moutong – Proyeksi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021 yang tertuang dalam dokumen Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) masih didominasi dari transferan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Hal tersebut terlihat dalam “Batang Tubuh” APBD Parigi Moutong, yang dimana lebih dari setengah APBD bersumber dari APBN.

Salah satu anggota Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD Parigi Moutong, dari fraksi PDIP, Alfrets Tonggiro kepada media ini mengatakan, proyeksi APBD Parigi Moutong tahun 2021 untuk sementara sebsar Rp.1,496 Triliun.

“Untuk tahun 2021 dari proyeksi APBD sementara Parigi Moutong Rp1.496 Triliun, nilai tersebut sudah masuk alokasi dana transferan APBN dalam batang tubuh APBD sebesar Rp.1,344 Triliun,” ujar poitisi PDIP itu.

Jika melihat angka tersebut, harus diakui bahwa dana APBD Parigi Moutong dianggap cukup besar karena ditopang dari transferan APBN.

“Hal itu harus kita akui, sebab kalau melihat postur anggaran murni daerah hanya berkisar diangka Rp.120 miliar lebih,” ujar Alfrets yang juga duduk sebagai ketua komisi III DPRD Parigi Moutong.

Lanjut Alfrets, melihat hal itu pihaknya berharap kedepan Pemerintah Daerah bersama DPRD dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus ada pressure yang dilakukan.

“Terlihat saat ini salah satu pressure yang dilakukan untuk mengenjot PAD yakni pembentukan Perda Retribusi dan Pajak Daerah yang sementara masih dalam tahap pembasan ditingkat Pansus. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan PAD Parigi Moutong,” terang Alfrets.

Diketahui APBD Parigi Moutong tahun 2020 sebesar Rp.1,652 Triliun.

Pansus Raperda Retribusi dan pajak Daerah DPRD Kabupaten Parigi Moutong, meyakini dan memastikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2021 bakal naik hingga Rp.200 Miliar.

Diketahui, target PAD Parigi Moutong pada tahun 2020 hanya berkisar diangka Rp.121 Miliar, namun di tahun 2021 DPRD optimis PAD akan naik secara signifikan hingga Rp.200 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan sekretaris Pansus Raperda Retribusi dan pajak Daerah DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Leli Pariani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.