RKP Desa Taopa Tahun Anggaran 2021 Selesai Dibahas

oleh -
Musdes RKP Desa Taopa (Foto: Pemerintah Desa Taopa)

Reporter : Leo Chandra

Beritaplano, Parigi Moutong – Pemerintah Desa Taopa menggelar musyawarah desa membahas Rencana Kerja Pemerintah Desa Taopa tahun anggaran 2021.

Hal itu sesuai dengan surat edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Nomor 144/3698/Bappelitbangda tertanggal 7 september 2020 tentang petunjuk teknis penyusunan RKP Desa Tahun 2021 bahwa jadwal pelaksanaan Musdes Penetapan dokumen RKP Desa dilaksanakan di minggu ke II s/d minggu ke IV bulan September 2020. Sesuai jadwal tersebut maka Desa Taopa mendapat giliran  perdana di Kecamatan Taopa bersama dengan Desa Taopa Utara.

Diketahui sesuai amanat  Peraturan Menteri Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa Pasal  7 menyebutkan bahwa musyawarah desa terdiri atas dua jenis yaitu musyawarah desa terencana dan musyawarah desa insidental. Musdes kali ini adalah bagian dari musyawarah desa terencana yang tahapan dan prosesnya sangat panjang.

Kepala Desa Taopa Asno Ake, S.Sos menyampaikan bahwa proses penyusunan RKP desa dilakukan dengan merujuk pada seumlah aturan. Diantaranya kata dia, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Musyawarah Desa, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 serta  Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Nomor 144/3698/Bappelitbangda Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RKP Desa Tahun 2021.

Disamping itu, Ketua BPD Suciarto Oli’i yang sekaligus membuka secara resmi musyawarah desa penetapan RKP desa, lebih fokus mengingatkan agar ada keterlibatan masyarakat dalam setiap momen musyawarah desa.

“Apresiasi kepada Kepala Pemerintah Desa Taopa yang sangat respon terhadap setiap rancangan usulan  program baik yang dikomunikasikan secara formal maupun non formal. Keterlibatan masyarakat serta antusias yang begitu besar dalam setiap pengambilan keputusan melalui musyawarah merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami yang dipercayakan sebagai bagian dari Badan Permusyawaratan Desa. Semoga ini dapat terus dipertahankan sehingga ke depan kita semua dapat mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Desa untuk membangun Desa Taopa ini Maju Dan Berdaya Saing,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Taopa yang saat ini menjabat Pjs Kepala Desa Taopa Barat Rahmat, S. Sos, Kepala Seksi Kesejahteraan Serly A. Salama, S.Sos, Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Tonis H. Sanau, S. Sos, UPT Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Naslan, S.P, Anggota Tim Kecamatan Nursam dan Pendamping Lokal Desa Taufik, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *