Rangkaian Peringatan Hardiknas di Singapura Berlangsung Semarak Terapkan Prokes Ketat

oleh -
Rangkaian Peringatan Hardiknas di Singapura Berlangsung Semarak Terapkan Prokes Ketat

Berita Nasional – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura setiap tahunnya memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei. Situasi pandemi tak menyurutkan semangat perayaan dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Tahun ini tema Hardiknas adalah “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar”.

Sebagai puncak acara dari rangkaian peringatan Hardiknas diselenggarakan upacara di Sekolah Indonesia Singapura secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan yang sangat  ketat. Upacara dipimpin langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo dan dihadiri oleh perwakilan Home Staff KBRI, guru-guru, perwakilan siswa SD, SMP, SMA dan Sekolah Indonesia di Singapura.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan naskah pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Dalam pidatonya, Mendikbudristek menyampaikan empat upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Pertama adalah perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen,” ucap Dubes Suryo Pratomo membacakan naskah pidato Mendikbudristek.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional oleh KBRI Singapura ditutup dengan beberapa pertunjukan. Di antaranya adalah penampilan paduan suara virtual yang merupakan kolaborasi KBRI Singapura dan Persatuan Pelajar Indonesia Singapura dengan membawakan lagu Guruku Tersayang dan Hymne Guru, penampilan musik angklung dan kulintang serta tarian yang  dibawakan oleh siswa-siswa Sekolah Indonesia Singapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.