Rakor BPS di Kecamatan Moutong, Masyarakat Diminta Ikut Sukseskan Sensus Penduduk 2020

oleh -4 views

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Parigi Moutong telah memulai tahapan sensus penduduk 2020, itu ditandai dengan digelarnya rapat koordinasi disejumlah kecamatan. Kamis (30/01/2020) Rakor BPS digelar di Kecamatan Moutong yang dihadiri pemerintah Kecamatan Moutong yang di wakili oleh Sekcam Moutong, Kepala Badan Pusat Stastistk Kabupaten Parigi Moutong bersama Tim, unsur Kepolisian Sektor Moutong, Kepala Puskesmas Moutong dan para Kepala Desa beserta aparat desa.

Camat Moutong yang diwakili oleh Sekcam Moutong, Syafi’i dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan rakor menyampaikan, kegiatan sensus penduduk tahun 2020 ini sangat penting, sehingga diimbau masyarakat ikut mensukseskan.

Sensus penduduk ini kata dia, akan dijadikan perumusan untuk perencanaan pembangunan dengan mengetahui jumlah penduduk disuatu wilayah atau desa berdasarkan jenis kelamin, umur, dan data aktif dari masyarakat dapat di gunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan untuk di implementasikan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan dari masyarakat, terutama dari pemerintah desa itu sendiri yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemateri dari BPS Kabupaten Parigi Moutong, Basuki menjelaskan bahwa sensus penduduk itu merupakan pendataan penduduk atau warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali.

Kata Basuki, pelaksanaan sensus penduduk di tahun 2020 ini berbeda dengan sensus penduduk pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya hanya di laksanakan dalam satu tahap, sedangkan di tahun 2020 ini di laksanakan dua tahap.

“Tahap pertama adalah sensus penduduk secara online yang di mulai dari tanggal 15 Februari s/d 31 Maret 2020, pada tahap online ini kami harapkan masyarakat bisa mengupdate data keluarganya melalui sensus BPS dari kami,” ungkap Basuki.

Pada tanggal 1 – 31 Juli, akan dilaksanakan sensus penduduk tahap dua dengan wawancara yang tujuannya bagi penduduk yang belum mengupdate datanya secara online akan kembali di data dalam pendataan sensus penduduk tahap dua ini.

Basuki juga menambahkan bahwa tahun 2020 ini adalah pendataan sensus penduduk yang ke tujuh, dan untuk Parigi Moutong ini sensus penduduk yang ke tiga. Kata dia, di tahun 2020 ini, ada 54 negara yang secara serentak melakukan sensus penduduk, termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *