Puskesmas Moutong dan Pemdes Lobu Gelar Posyandu Remaja

oleh -10 views

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Puskesmas dan Pemerintah Desa Lobu Kecamatan Moutong menggelar Posyandu bagi remaja yang dihadiri para remaja Desa Lobu, Bidan Desa, serta para Kader Kesehatan Desa, kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Lobu, Selasa (18/02/2020).

Kepada Beritaplano.com, petugas Gizi dari Puskesmas Moutong Nurhayati Asmudrono AMG mengatakan, pentingnya pengetahuan pendidikan kesehatan bagi para remaja sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia, termasuk remaja Desa Lobu Kecamatan Moutong.

Kata dia, pelaksanaan kegiatan Posyandu remaja ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pentingnya kesehatan bagi para remaja yang ada di Desa Lobu yang kisaran usianya 10 – 24 tahun.

Lanjut dia, dalam pelaksanaan Posyandu remaja ini pihaknya melakukan pengukuran tinggi dan berat badan dengan tujuan untuk mengetahui status Gizi anak normal atau Stunting. Termasuk kata dia, mengukur lingkar lengan yang bertujuan untuk mengetahui apakah status Gizi dari anak remaja tersebut mengalami KEK (Kekurangan Energi Kronis) atau tidak.

Selain itu lanjut dia, semua anak remaja usia 12 tahun ke atas diukur tekanan darahnya untuk mengetahui darah anak remaja normal atau tidak, sekaligus pemberian tablet tambah darah khusus remaja putri agar terhindar dari penyakit anemia dan meningkatkan status kesehatan dan gizi pada remaja putri serta menghindari komplikasi dan masalah perkembangan janin pada remaja putri kedepannya.

Dia menambahkan, kegiatan Posyandu remaja ini dapat mencegah terjadinya Stunting dengan cara mengatasi masalah gizi melalui perubahan pola makan, pemantauan status gizi, melakukan aktifitas fisik, menjaga kebersihan, dan mengkonsumsi air putih delapan gelas setiap hari.

Karena jelas dia, pencegahan Stunting sangat penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Kegiatan Posyandu remaja ini tidak hanya dilakukan di Desa Lobu saja, akan tetapi semua Desa yang ada di Kecamatan Moutong. Olehnya itu harapan kami kepada Pemerintah Desa Lobu, kedepannya kegiatan Posyandu remaja di Desa Lobu ini bisa lebih baik dan harus berada pada tempat yang lebih memadai,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *