PUPRP Parimo Mediasi Sengketa Batas IUP Galian C

oleh -64 views
PUPRP Parimo mediasi penyelesaian sengketa batas IUP Galian C (Foto :PUPRP Online)

Beritaplano, Parigi Moutong– Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupapten Parigi Moutong memediasi penyelesaian sengketa batas Izin Usaha Pertambangan (IUP) galian C antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sausu Taliabo dengan CV Mahkota. Mediasi tersebut dilakukan dilokasi sengketa Desa Sausu Taliabo, Senin (3/8/2020).

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPRP Parigi Moutong I Wayan Sukadana ST menyampaikan, mediasi sengketa batas IUP galian C dilakukan karena sebelumnya salah satu pihak mengklaim memiliki hak atas wilayah yang dimaksud.

“Beberapa waktu lalu salah satu pihak menclaim wilayah IUPnya sepanjang sungai namun setelah kami periksa dengan Peta IUP yang ada ternyata batasnya tidak seperti itu,” ujar Sukadana.

Lanjut dia, berdasarkan informasi yang dihimpun IUP CV Mahkota seluas 18 hektar (ha) dan IUP Bumdes Sausu Taliobo seluas 10 ha.

“CV Mahkota luasnya 18 hektar, bumdes sausu taliabo 10 ha. Itu terpisah dan sangat jelas batasannya,” tutur Sukadana.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) kepala dinas PUPRP Parigi Moutong, Rivai ST Msi yang juga hadir dalam proses mediasi tersebut mengatakan dalam pertemuan itu disepakati bahwa akan dilakukan pematokan untuk memperjelas batas IUP yang ada.

Lanjut Rivai, pihaknya mengingatkan kepada kedua pemegang IUP agar secepatnya mengurus IUP untuk melakukan operasi dan produksi, karena mengingat keduanya hanya memilik IUP untuk eksplorasi.

“Kami juga mengingatkan agar kedua pemegang IUP untuk segera menyelesakan IUP operasi dan produksinya karena sekarang mereka masih memegang IUP eksplorasi. Ketentuannya tidak boleh ada kegiatan sebelum IUP OP itu terbit” tutup Rivai. (Sumber: Website PUPRP Online Parigi Moutong)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *