Menu

Mode Gelap

Advertorial · 6 Apr 2020

PUPRP Alokasikan Rp 1 Milyar Untuk Pemeliharaan Jaringan Irigasi


 Kepala Seksi Irigasi Zubait ST (Foto: Eli) Perbesar

Kepala Seksi Irigasi Zubait ST (Foto: Eli)

Reporter : Eli

banner DiDisdik

PLANO, Parigi Moutong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP), tahun ini mengalokasikan anggaran pemeliharaan jaringan irigasi sebanyak  Rp 1 Milyar lebih.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Irigasi Bidang SDA pada Dinas PUPRP, Zubait kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjannya, baru-baru ini. Dikatakannya, biaya pemeliharaan itu digunakan untuk galian endapan dan pemarasan di 34 daerah irigasi kewenangan kabupaten di Parigi Moutong.

“Biaya pemeliharaan galian endapan dan pemarasan sekitar Rp 1 milyar, untuk semua daerah irigasi yang menjadi kewenangan kabupaten. Anggaran ini terbagi di empat tri wulan,” ujarnya.

Menurut Zubait, tahun ini anggaran DAK untuk pembangunan ataupun perbaikan jaringan irigasi dibatalkan dari pusat namun yang dibiayai DAU tetap berjalan.

banner Dinas Kesehatan

“DAU masih jalan, satu paket. Kalau pemeliharaan irigasi harus tetap ada karena itu  prioritas untuk petani sawah,” tandasnya.

Zubait menambahkan, untuk memastikan jaringan irigasi terpelihara dengan baik di 34 daerah irigasi ditempatkan petugas lapangan.

“Kita ada petugas juru, petugas operasional bendung, penjaga pintu air, satu daerah irigasi tegantung luasan dan panjang jaringannya, kadang ada  2 PPA. Contoh daerah Tindaki Tanahlanto agak luas petugasnya bukan hanya satu,” jelasnya.

Dia berharap, dengan anggaran senilai Rp 1 milyar tersebut, petani bisa merasakan manfaat yang besar untuk persawahan di Parigi Moutong agar bisa lebih produktif.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan