Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 17 Mar 2021

Program PTSL BPN Parimo Target Sertifikatkan 8.399 Bidang Tanah


 Gambar Ilustrasi/ istimewa Perbesar

Gambar Ilustrasi/ istimewa

Liputan: Zahra Syafira

Parigi Moutong– Tahun ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) Parigi Moutong melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dengan target 8.399 bidang tanah yang akan disertifikatkan.

banner DiDisdik

Demikian disampaikan Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, I Wayan Suleman kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/3/2021).

Suleman mengatakan, untuk PTSL tahun ini akan dimulai dari Kecamatan Tinombo Selatan. Untuk sementara ini, terdapat tiga desa yang menjadi fokus pelayanan yaitu Desa Tinombo Selatan,  Desa Malanggo dan Malanggo Pesisir.

Pemilihan desa tersebut kata ia, sudah berdasarkan hasil koordinasi dengan Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah dan diputuskan oleh pemerintah pusat.

Target tahun ini kata Suleman, lebih rendah dari tahun sebelumnya. Dari target 9.000 bidang tanah yang tersertifikatkan hanya 5.310 di tahun 2020 kemarin.

banner Dinas Kesehatan

“Kemarin itu karena ada pandemi COVID-19, kegiatan menjadi terbatas dan harus tertunda,” jelasnya.

Untuk tahun ini, Suleman mengatakan, BPN mengirim petugas lapangan yang tinggal menetap di desa sasaran program. Hal ini untuk memaksimalkan pelayanan, karena jarak tempuh dari Kecamatan Tinombo Selatan ke kantor BPN Parigi Moutong cukup jauh.

“Tahun ini kita menurunkan petugas lapangan delapan orang ditambah pengukur jadi total itu sekitar 12 orang untuk menetap dilokasi. Agar apa yang dikerjakan itu lebih maksimal,” jelasnya.

Suleman menjelaskan, PTSL mirip dengan program Prona. Hanya saja kata dia, PTSL substansinya lebih pada pendataan kembali. Baik itu tanah sudah tersertifikat ataupun belum tersertifikat, semuanya didata kembali.

“PTSL bukan spot-spot, berbeda dengan prona. Kalau PTSL itu pendataan kembali semuanya. Tahun sebelumnya sudah ada sosialiasasi, jadi animo masyarakat cukup baik dan mereka memahami,” pungkasnya.

Harapannya kata dia, meski ditengah pandemi COVID-19, BPN berharap program pemerintah ini bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang direncanakan.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 166 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan