Program Prioritas Desa Boloung Olonggata

oleh -7 views

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Tahun ini ada sekitar tujuh program prioritas pemerintah Desa Boloung Olonggata. Tujuh program prioritas ini adalah usulan dan kebutuhan masyarakat yang dituangkan didalam rencana kerja tahun 2020.

Kepada Beritaplano.com, Sekdes Boloung Olonggata Muhamad Amin mengatakan, ada sebanyak Rp 1.208.474.454 dana desa dan alokasi dana Desa Boloung Olonggata. Anggaran ini akan dikelolah oleh pemerintah desa melalui sejumlah program yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat Desa Boloung Olonggata.

Dia mengatakan, selain penanganan stunting yang merupakan fokus prioritas desa, pemerintah desa Boloung Olonggata juga memprioritaskan program pemberdayaan masyarakat petani. Seperti kata dia, pembagian bibit durian montong sebanyak 3.885 pohon, 259 bibit mangga, 518 bibit durian.

“Bibit jenis buah-buahan ini akan dibudidayakan oleh masyarakat petani dengan harapan kedepannya bisa mendongkrak perekonomian warga dan desa ini menjadi salah satu penyuplai buah,” jelasnya.

Selain itu kata dia, pemerintah desa juga akan memberikan bantuan satu unit mesin penggiling kelapa yang harganya sekitar Rp. 15.000.000 bagi ibu rumah tangga yang akan membuat minyak kelapa kampung sebagai usaha tambahan.

Lanjut dia, dalam hal penangan stunting di Desa Boloung Olonggata, pemerintah desa akan mengadakan pembuatan jamban keluarga sebanyak 35 unit yang terbagi di lima dusun, satu dusun mendapatkan tujuh unit dengan total anggaran Rp.135.825.000, serta pemberian makanan tambahan bagi balita, termasuk susu untuk Ibu hamil dan lansia.

Sementara itu kata dia, untuk program pembangunan di tahun 2020 ini Pemdes Boloung Olonggata akan mengadakan bantuan rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Bantuan yang diberikan itu berupa bahan yang digunakan untuk membuat rumah. Kami aparat desa harus benar-benar memastikan keluarga atau masyarakat mana yang berhak mendapatkan bantuan tersebut,” tandasnya.

Menurutnya, bantuan rumah tersebut akan diberikan pada anggaran tahap I dan harus dipastikan selesai ditahap II.

Muhamad Amin juga menambahkan, tahun ini juga ada pengadaan meteran listrik sebanyak 25 unit dengan anggaran Rp. 75.000.000. Bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat yang layak mendapatkan.

“Meteran diadakan pada tahap I ini, untuk jamban kemungkinan besar akan kita kerjakan pada tahap III,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *