Program Pamsimas Sasar 25 Desa Tersebar di 11 Kecamatan

oleh -
Penandatanganan perjanjian kerja sama program Pamsimas (Foto : Zahra Syafira)

Liputan: Zahra Syafira

Parigi Moutong– Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Kabupaten Parigi Moutong menyasar 25 desa yang tersebar di 11 kecamatan. Hal itu ditandai dengan telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan desa penerima program.

Bertempat di auditorium Bappelitbangda, Rabu (24/3/2021), kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah kepala desa dan camat, PPK dan Kelompok Keswadayaan Masyarakat atau KKM, serta fasilitator yang akan mendampingi tiap desa.

“Setelah selesai tanda tangan perjanjian kerjasama, kegiatan Pamsimas akan segera dilaksanakan. Tahapannya mulai dari sosialisasi, perencanaan yang melibatkan masyarakat dan fasilitator, kemudian pelaksanaan kegiatan dan terakhir serah terima,” ucap I Nyoman Adi Susmanta, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahaan (PUPRP) Parimo.

Ia mengatakan, 25 desa penerima program Pamsimas Kabupaten Parigi Moutong tersebut tersebar di 11 kecamatan. Dan untuk penganggarannya, tahun ini didanai dari APBN dan APBD.

“Dari 25 desa itu, 16 desa dianggarkan melalui APBN, sekitar 3.6 Miliar. Dan 2,2 Miliar dari APBD untuk 9 desa,” jelasnya.

Ia menambahkan, fasilitator yang akan mendampingi tiap desa merupakan hasil dari rekrutmen yang diadakan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Fasilitator yang direkrut adalah mereka yang tentu sudah berpengalaman di bidang ini. Mereka orang-orang yang sudah professional,” tegas ia.

Nyoman mengungkapkan, program Pamsimas untuk Parimo yang berjalan saat ini baru 81% dari 100% yang ditargetkan.

“Data yang didapat sampai saat ini untuk Parimo, dari 195 desa yang telah melaksanakan kegiatan ini terdapat 158 desa atau 81% yang saat ini masih berfungsi. 25 desa atau 12,8% yang berfungsi sebagian, dan 12 desa atau 6,2% yang sudah tidak berfungsi,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *