Program Keserasian Sosial Diharap Jadi Wujud Nyata Saling Menghormati Antar Etnis

oleh -

Reporter : Samudin

PLANO , Kasimbar – Kabid Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Parigi Moutong Rukli S.Ag mengunjugi Desa Peningka Kecamatan Kasimbar belum lama ini, untuk memonitoring pembangunan dan program keserasian sosial. Program ini diharap menjadi wujud nyata saling menghormati antar etnis.

“ini merupakan sebuah kebangaan kita semua yang merupakan  salah satu upaya dari pemerintah desa yang tak lepas kerja sama baik dengan masyarakat, sehingga menghasilkan komposisi yang bisa kita perhitungkan dalam rangka untuk mewujudkan kebersamaan antara  etnis satu dengan etnis yang  lain sehingga bisa hidup berdampingan tanpa curiga. Hidup damai dan sejahtera harmonis tampa ada ketersingungan antara etnis,” jelas Rukli.

Kata Rukli, dengan terbangunnya keserasian sosial ini maka semua etnis yang ada di Desa Peningka dapat membuktikan hidup berdampingan, tanpa membedakaan suku antara satu dengan yang lain dan tetap menghargai sesama sebagai warga negara Indonesia.

“Agama apun dia anut tetap kita berperinsip  bahwa orang tersebut adalah keluarga kita semua, dengan demikian kalau  kita tetap menjaga kerukunan antara agama dan etnis. Maka kita terhindar  dari konflik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Peningka Usran T mengatakan, dibangunnya gedung keserasian sosial   ini merupakan program  Kementrian Sosial Republik Indonesia  tahun anggaran 2019, sebesar Rp 150 juta.

“Tentunya dengan adanya bangunan keserasian sosial ini dan bantuan  perlengkapan jepeng, menjadi bermanfaat untuk masyarakat desa, misalnya dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat dan kesejatraan Sosial,”ungkapnya.

Diketahui, di tahun 2020 Kecamatan Kasimbar  diusulkan akan mendapat program bantuan rumah 500 unit termasuk untuk masyarkat Desa Peningka, kemudian sarana lingkungan berupa penimbunan jalan setapak , penimbunan lapangan bola, pembuatan WC umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *