Ponco : Kesepakatan Batas Wilayah untuk Tertib Administrasi Kewilayahan

oleh -2 views
Ponco Nugroho

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Tahun 2020 ini, salah satu yang menjadi program prioritas Bagian Pemerintahan Umum (PUM) Sekertariat Daerah Parigi Moutong yaitu, memfasilitasi antar desa atau antar wilayah yang belum sepakat soal batas  untuk tertib administrasi kewilayahan.

Hal itu diungkapkan Kabag PUM, Ponco Nugroho kepada Beritaplano.com, jumat pekan kemarin. Dikatakannya, sebelumnya pemerintah daerah sudah bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) membuat kegiatan deleminiasi batas tanpa kesepakatan dengan mengundang seluruh kepala desa dan camat.

“Tanpa kesepakatan artinya kita hanya mengidentifikasi batas-batas antar desa. Misalnya ada dua desa yang belum sepakat menyangkut batas dalam versi masing-masing, dikegiatan kemarin tidak mencari titik sepakat batasnya, hanya mengidentifikasi saja,” tandasnya.

Lanjut dia, atas dasar itu bagian PUM menindaklanjuti dengan memfasilitasi wilayah yang belum sepakat batas-batasnya tersebut di tahun 2020 ini.

“Kalau dilihat dari jumlah desa dan jumlah segmen batasnya tinggal sedikit yang belum tuntas, lima atau enam kecamatan di beberapa segmen desa saja. Walaupun hanya satu desa, biasanya ada dua segmen batas yang belum disepakati,” jelasnya.

Intinya kata dia, ada itikad baik kedua belah pihak untuk menyelesaikan batas wilayahnya untuk tertib administrasi kewilayahan.

“Kecendruanganya yang masih ada beberapa segmen batas yang belum sepakat bersama adalah desa lama,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *