PKD Harus Mampu Melakukan Pengawasan Partisipatif

oleh -18 views

Reporter : Sam’Udin

PLANO, Tinombo Selatan – Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) harus mampu melakukan pengawasan partisipatif, dengan melibatkan semua komponen termasuk masyarakat, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang.

Hal itu diungkapkan Kordinator Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu Parigi  Moutong, Muhamad Rizal saat memberikan sambutan pada  kegiatan pelantikan 20 PKD di kantor Desa Khatulistiwa, sabtu kemarin.

Rizal mengatakan, pengawasan partisipatif yaitu melibatkan semua komponen termaksud masyarakat, juga berkoordinasi  dengan pemerintah desa serta mitra kerja yakni panitia pemungutan suara ( PPS ), untuk meminamalisir pelanggaran dalam proses demokrasi yang terjadi di desa.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tinombo Selatan Hamka dalam sambutannya usai melakukan pelantikan menyampaikan, agar seluruh PKD dapat melaksanakan  tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab.

“Momen pelantikan ini bukan hanya sekedar serimonial belaka melainkan sebuah tangung jawab dan amanah yang anda sampaikan melalui sumpah dan janji untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun, pelantikan PKD juga dilakukan oleh Ketua Panwascam Kasimbar Ilham, yang digelar di SDN 1 Laemanta dan dihadiri Komisioner Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong Divisi  pengawasan  dan hubungan antar lembaga, Fatmawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *