PIPW Bappelitbangda Kawal Dokumen Usulan Pembangunan Irigasi

oleh -
Kasubid PIPW 1 Bappelitbangda, Ketut Sudana (Foto:Eli)

Liputan : Eli

Beritaplano, Parigi MoutongBidang Perencanaan  Infrakstruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW), pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, kawal dokumen usulan pembangunan empat jaringan irigasi dengan pembiayaan APBN di tahun 2021.

Terkait itu, Kasubid PIPW 1 Bappelitbangda, Ketut Sudana, mengatakan Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) telah menyiapkan dokumen usulan ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk pembangunan tiga jaringan irigasi yang semuanya terdapat di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong.

“Dari bidang SDA PUPRP yang diusulkan yaitu irigasi Ongka, Bainaa, Siniu  dan Sienjo,” kata Sudana.

Dikatakannya, berdasarkan area luasan dibawah 1000 adalah kewenangan kabupaten sehingga empat wilayah persawahan tersebut menjadi usulan pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Kata dia, empat wilayah itu diusulkan karena melihat kepentingan skala prioritas untuk kebutuhan persawahan.

“Disitu lahan persawahan masih banyak yang belum teraliri, jadi untuk memaksimalkan  hasil pertanian perlu ada jaringan irigasi yang memadai,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk usulan pembangunan irigasi pembiayaan APBN, tahun 2021 mendatang masih difokuskan untuk wilayah utara Parigi Moutong, sebab untuk area persawahan di wilayah selatan masih cukup memadai.

“Untuk wilayah selatan tidak ada usulan baru tetapi pemeliharaan tetap harus ada,” tutupnya.

Baca juga PUPRP Minta BNPB Bantu Perbaikan Sejumlah Jembatan Rusak Pasca Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *