Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 10 Mar 2021

Pertambangan Galian C Akan Jadi Primadona PAD Tahun Ini


 Pertambangan Galian C Akan Jadi Primadona PAD Tahun Ini Perbesar

Liputan: Zahra Syafira

Parigi Moutong– Galian golongan C merupakan usaha penambangan berupa tanah, pasir, kerikil, marmer, kaolin, granit dan beberapa jenis lainnya. Pertambangan galian C ini akan menjadi primadona sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Parigi Moutong tahun ini.

banner DiDisdik

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Parigi Motong, Masdin kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/3/2021).

“Minerba Galian C akan menjadi perhatian utama tahun ini. Jenis galian C itu bahan untuk pembangunan insfrastruktur, berupa batu dan pasir,” ujarnya.

Masdin mengungkapkan, menurut informasi yang terupdate, ada tujuh belas titik baru di bulan Oktober tahun kemarin yang sudah menghasilkan dan yang masih dalam proses evaluasi di lapangan.

“Untuk jumlah totalnya nanti kroscek lagi, yang pasti lebih dari 17 titik,” ungkapnya.

banner Dinas Kesehatan

Untuk sumber PAD nya, BAPENDA menerima dari dua pihak, kata Masdin. Pihak pertama dari mereka yang mengkomersilkan secara perorangan atau kelompok dan yang kedua dari sisi proyek pembangunan.

“Dari perorangan atau kelompok kita mendapat lima persen dari harga jual mereka per ret. Sedangkan dari proyek pembangunan dapat sepuluh persen dari Pagu,” jelasnya

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kebocoran pendapatan di lapangan, ia sudah melakukan pengawasan melalui Kepala Desa setempat. Hal itu perlu dilakukan agar lebih tertib.

“Bentuk pengawasan agar itu tidak bocor kita tugaskan mereka yang di desa lewat Kepala Desa. Nanti mereka diberikan insentif, kan ada Kantibmas dan Babinsa juga,”  bebernya.

Ditanya terkait sumber pendapatan lainnya, seperti PAD dari sarang burung walet, Masdin mengatakan, tahun ini untuk objek tersebut malah mengalami penurunan. Hal itu disebabkan karena tidak adanya ukuran yang dapat digunakan untuk mengawasi.

“Tahun ini walet turun dari sepuluh persen menjadi satu persen. Walaupun ada penurunan, walet tetap masih menjadi sumber PAD,” pungkasnya.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Polri Bongkar 405 kasus TPPO Selama Periode 2020-2023

5 Mei 2023 - 20:44

Lestari Harap Pemerintah Fokus Pembangunan Budi Pekerti SDM Nasional

28 Februari 2023 - 20:04

Mahamuddin Ahmad : Kedatangan Anies Baswedan pada Munas KAHMI XI di Palu, Ajang Pengobat Rindu Bagi Kader HMI

23 November 2022 - 23:05

Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 1 Agustus 2022 : Sembuh 60 Orang, Konfirmasi 22 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes

15 November 2022 - 14:47

BPMP Sulteng Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022 - 20:29

Hari Ulang Tahun Stasiun Televisi Pertama di Indonesia

24 Agustus 2022 - 21:55

Trending di Ragam