Pengentasan Kemiskinan Masih Jadi Program Prioritas Bidang Ekonomi Bappelitbangda

oleh -5 views
Kabid Ekonomi Bappelitbangda, Novi Banda

Reporter : Eli/Aini

PLANO, Parigi Moutong – Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (bappelitbangda) menghasilkan sejumlah program prioritas ditahun 2020, berdasarkan Rencana Kerja (Renja) program pengentasan kemiskinan masih menjadi prioritas utama.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Ekonomi Novi Banda kepada Beritaplano.com belum lama ini. Dikatakannya, program prioritas tersebut diantaranya penanggulangan kemiskinan di tujuh Kecamatan tertinggi angka kemiskinannya, lanjutan dari Master Plan Parigi Moutong  khatulistiwa, dan  penyususan Rencana Aksi Daerah (RAD) ekonomi kreatif.

Tujuh Kecamatan yang menjadi sasaran kata dia yaitu Kecamatan Tinombo, Kecamatan Tinombo Selatan, Kecamatan Palasa, Kecamatan Moutong, Kecamatan Tomini, Kecamatan Mepanga dan Kecamatan Ampibabo.

Kemudian lanjut dia, salah satu fokus ditahun ini juga yaitu perubahan status beberapa desa ke desa adat.

“Pak Wakil Bupati selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) bersama kami tengah mengawal perencanaan  perubahan status desa adat, yang sebelumnya hasil kajiannya sudah ada,” ujar Novi.

Dikatakannya, salah satu tujuan pembentukan desa adat yaitu untuk menjaga kearifan lokal yang ada, dan secara tidak langsung itu juga akan mempengaruhi kriteria penilaian terhadap indikator kemiskinan.

“Di statistik itu kita berusaha untuk supaya desa Komunitas Adat Terpencil (KAT)  ini tidak melekat pada indikator kemiskinan, tidak disamakan, itu saja yang kami inginkan,” ungkapnya.

Terkait itu kata dia, bidang ekonomi telah menyurat ke Kementrian Sosial dan akan dilakukan audience di kementrian terkait hasil kajian dari tenaga ahli untuk perubahan status desa adat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *