Pengaruhi Realisasi Keuangan Daerah, Sekolah Diimbau Tepat Waktu Laporkan Dana BOS

oleh -8 views
Kabid SMP Jalaludin (Foto:Aini)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Laporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mempengaruhi realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga, Kepala Sekolah diimbau untuk melaporkan penggunaan dana BOS tepat waktu sesuai dengan rencana kerja dan anggaran sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Parigi Moutong, Jalaludin kepada Beritaplano.com, jumat (7/2/2020) kemarin di kantornya.

“Manakala kepala sekolah tidak membuat pelaporan  sesuai dengan penggunaan RKAS maka akan melanggar, sehingga dalam penginputan pelaporan dana bos harus sesuai yang direncanakan sekolah,” tandasnya.

Jalaludin menambahkan, belum lama ini Kepala Dikbud Adrudin Nur sudah mengingatkan seluruh kepala sekolah pada sebuah pertemuan, agar tidak adalagi yang terlambat membuat pelaporan dana BOS.

“Kalau dulu dana BOS tidak berpengaruh dengan keuangan Pemda, tapi sekarang sangat berpengaruh karena melekat pada APBD, itulah sebabnya keterlambatan pelaporan harus dihindari,” tandasnya.

Kata dia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong hanya melakukan varifikasi berkas pelaporan, selanjutnya dokumen tersebut akan  diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

“Dinas hanya memverifikasi laporan yang ada, karena dana itu yang menggunakan adalah sekolah. Verifikasi itu untuk membuktikan benar dan tidaknya penggunaanya. Jadi kami hanya  melakukan pemeriksaan awal,” bebernya.

Jala menambahkan, terlambatnya pencairan dana BOS menjadi salah satu faktor lambatnya pembuatan laporan. Namun kata dia, bukan berarti pihak sekolah tidak mengupayakan untuk bisa tepat waktu. Jikapun sekolah tidak lagi sempat membelanjakan anggaranya, maka dana itu masuk di Silpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *