Penanganan Sengketa Pilkades Selesai, Semua Gugatan Ditolak

oleh -
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Agus Salim S,Sos ( Foto : Zahra)
Liputan: Zahra Syafira

Parigi Moutong- Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) di 58 desa Parigi Moutong yang dihelat tanggal 29 Maret 2021 kemarin berlangsung aman dan lancar. Namun demikian, ada tujuh desa yang melayangkan gugatan pada panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Tujuh desa bersengketa itu terdiri dari desa Donggulu Selatan, Lambunu, Tingkulang, Olonggata, Tada Utara, Binangga, dan Malakosa.

Agus Salim,S.Sos selaku Kepala Bidang Pemerintahan Desa,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) mengungkapkan bahwa gugatan yang diajukan oleh tujuh desa tersebut semuanya ditolak.

“Kemarin (7/4/2021) sudah ditetapkan bahwa gugatan yang masuk semua ditolak. Adapun alasannya, pertama waktu untuk memasukan gugatan sudah lewat tiga hari dari waktu selesai pemilihan. Kedua berkas tidak lengkap, seperti tidak dilampirkan SK penetapan calon dari P2KD, berkas tidak bermaterai, dan tidak ada data diri atau KTP dari calon pemohon,” jelas Agus pada Beritaplano.com Kamis (8/4/2021) di ruang kerjanya.

Namun demikian, kata ia, pihak PMD melakukan penelusuran dengan teliti sebelum menolak seluruh gugatan yang dilaporkan.

“Kita punya tim yang menangani untuk masalah ini, namanya Tim Fasilitas Sengketa. Gugatan yang masuk diselidiki oleh mereka, apakah benar atau tidak gugatan itu,” ujarnya.

Gugatan yang masuk menurut Agus beragam alasan, namun salah satunya ada banyak pemilih yang tidak dapat surat panggilan. Tapi setelah ditelusuri oleh tim, ternyata orang tersebut memang sedang berada di luar kota atau tidak berada di tempat.

Adapaun Tim Fasilitas Sengketa diketuai oleh Kadis PMD, beranggotakan Sekertaris, Kabid Pemdes, Kabag Hukum dan tiga orang staf yang dinilai mumpuni untuk membantu penyelesaian sengketa.

“Dari kami sengketa ini sudah selesai. Semoga semua pihak bisa menerima dan tidak ada gugatan kembali  kepihak lain,” tutupnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *