Penanganan Covid-19 di Parigi Moutong, Serap Anggaran Rp 9,1 Miliar

oleh -
Ketua Pansus Covid-19 DPRD Parigi Moutong, Sutoyo (Foto : Fara)

Laporan : Faradiba

Beritaplano, Parigi Moutong – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, mencatat realisasi serapan anggaran guna penanganan pandemi sebesar Rp 9.121.239.000.

Realisasi anggaran Rp 9,1 Miliar yang terhitung sejak tanggal 23 Maret sampai per 31 Agustus 2020, diperuntukan untuk petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), petugas Dinas Kesehatan, petugas Rumah Sakit, Tim Terpadu, TNI, Polri, Kecamatan Parigi dan Kelurahan serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Parigi Moutong.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Parigi Moutong, Sutoyo yang ditemui sejumlah media mengatakan berdasarkan data yang diterima pihaknya, rincian pengunaan realisasi anggaran oleh Gugus Tugas Covid-19 Parigi Moutong, di bulan April 2020 ada sebesar Rp 2,5 Miliar lebih.

“Dengan rincian, penyaluran tahap I di bulan April 2020, diperuntukan untuk pembayaran honor dan makan minum BPBD Parigi Moutong senilai Rp 2,2 Miliar lebih. Selanjutnya untuk pembayaran honor dan operasional TNI sebesar Rp 57 juta lebih, serta untuk pembayaran honor dan operasional Polres Parigi Moutong sebesar Rp 166 juta,” ujar Sutoyo usai menggelar rapat bersama tim Gugus Tugas Covid-19, Selasa (13/10/2020).

Kemudian di bulan Juni 2020, tercatat realisasi penyaluran anggaran tahap II dan III sebesar Rp 2,1 Miliar lebih, khusus pembayaran honor rutin petugas posko, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

Di bulan Juli 2020, tercatat realisasi anggaran tahap II dan III sebesar Rp 2,9 Miliar lebih, untuk kebutuhan pendukung seperti operasional dan kelengkapan kegiatan.

“Rinciannya anggaran realisasi bulan Juli yakni, untuk BPBD sebesar Rp 2,2 Miliar lebih, Tim Terpadu sebesar Rp 80 juta, pihak TNI sebesar Rp 115 juta, Pihak Polri sebesar Rp 333 juta dan untuk Kecamatan Parigi serta Kelurahan sebesar Rp 151 juta,” terang Sutoyo.

Masih realisasi di bulan Juli 2020 tahap IV, ada realisasi anggaran untuk pembayaran honor dan makan minum petugas posko BPBD, TNI dan Polri sebesar Rp 1,4 Miliar lebih.

“Rincian pembayaran honor dan makan minum petugas BPBD di tahap IV sebesar Rp 1,3 Miliar lebih, sementara untuk TNI Rp 57 juta dan untuk pembayaran honor dan makan minum petugas posko Polri sebesar Rp 75 juta lebih,” beber Sutoyo.

Sementara, untuk PMI Kabupaten Parigi Moutong juga masuk, realisasi anggaran di tanggal 18 Agustus 2020 sebesar Rp 100 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *