Pemerintah Kecamatan Tomini, Imbau Desa Prioritaskan Penanganan Stunting

oleh -3 views

Reporter : Fadel

PLANO, Tomini – Penanganan dan Pencegahan stunting menjadi salah satu prioritas program pemerintah Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong. Camat Tomini, Muktasim Cimu imbau desa-desa di wilayahnya  targetkan penurunan angka stunting hingga 8 persen.

“Tahun ini kami akan meminimalkan stunting dengan mendukung segala sektor khususnya bidang kesehatan,” ujarnya Muktasim, Sabtu (18/1/2020).

Dalam program penanganan stunting, seluruh pemerintah desa se Kecamatan Tomini telah diminta untuk mengalokasikan sebesar 20 persen dari dana desa untuk program pencegahan dan penanganan stunting khususnya di desa yang menjadi locus stunting.

“Itu yang kami sepakati saat musyawarah di Kecamatan,” tutur Muktasim.

Kata dia, di Kecamatan Tomini sendiri terdapat dua locus stunting yaitu Desa Tingkulang dan Desa Ambesia Barat. Muktasim menuturkan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Parigi Moutong dari berbagai sektor agar bisa melakukan program kolaborasi program penanganan stunting.

“Kami akan mengajak bekerjasama dengan sektor kesehatan, pendidikan, dan pertanian untuk mengeroyok bersama program khususnya pencegahan stunting,” ucapnya.

Jumlah warga yang terkena stunting di Kecamatan Tomini menurutnya mencapai 38 orang dari 14 desa.

Penderita stunting di Kecamatan Tomini berdasarkan data Desa Tilung 12 orang, Desa Ambesia Barat 6 orang, dan Desa Tingkulang 4 orang.

“Uniknya Desa Tilung yang banyak, namun tidak menjadi daerah locus stunting,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *