Pemerintah Kecamatan Dukung Desa Kembangkan Panganan Khas Oleh-Oleh dari Moutong

oleh -3 views
Camat Moutong Aftar Musa ( Foto: Eli)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Pemerintah Kecamatan Moutong dukung pemerintah desa untuk mengembangkan panganan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Moutong. Selain bernilai ekonomi bagi masyarakat, panganan tradisional tersebut menjadi bagian dari promosi wisata kuliner wilayah Moutong.

Sebut saja diantaranya, gula tapo dan abon tai minyak kelapa dalam yang sudah dikenal menjadi oleh-oleh khas Moutong hasil produk olahan rumah tangga masyarakat Moutong.

Camat Moutong Aftar Musa kepada Beritaplano. Com mengatakan, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Moutong juga sudah melakukan pembinaan pada kelompok-kelompok yang ada di desa.

“Banyak warga di Kecamatan Moutong yang memproduksi gula tapo, tetapi khusus  warga Desa Pandelalap sudah menjadi salah satu binaan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID),” ujarnya.

Contohnya kata dia, Di Desa Pandelalap, gula tapo sudah dikemas lebih menarik sehingga nilai jualnya lebih tinggi dari yang biasanya hanya dikemas menggunakan daun lontar.

 “Kemarin dia kemasanya yang biasa-biasa saja , sekarang dibuat unik dan sudah cantik, bagus bentuknya kecil-kecil. Kemarin harganya satu sekitar Rp 3000 tapi begitu kemasanya dibuat unik harganya menjadi Rp 5000 ada kenaikan harga Rp 2000 ,” jelasnya.

Sedangkan kata dia, untuk abon tai minyak baru diproduksi pada tahun 2019 kemarin oleh karang taruna Moutong Barat dan telah dimodifikasi pula sehingga tampilannya terlihat menarik dan bertambah nilai ekonomi.

Sudah banyak orang yang jadi pembeli dari luar Kecamatan Moutong, panganan khas Moutong seperti gula tapo dan abon tai minyak mulai dikenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *