Pemdes Taopa Salurkan BLT DD Tahap II dan BPNT

oleh -27 views
Penyerahan BLT DD Tahap II Desa Taopa (Foto:Leon)
Reporter : Leo Chandra
PLANO, Taopa – Pemerintah Desa Taopa salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap II dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)  kepada masyarakat Desa Taopa, selasa 23 Juni 2020 di kantor Desa Taopa.
Diketahui penyaluran BLT DD dan BPNT kali ini dihadiri oleh pendamping desa, Kepolisian, Babinsa, TKSK dari Dinas Sosial dan pihak Perbankan.
Kepala Desa Taopa Asno Ake,  kepada Beritaplano.com mengatakan, Pemdes Taopa menyalurkan BLT DD untuk 172 KK setelah ada penambahan dari tahap 1 yang sebelumnya berjumlah 147 KK. Sedangkan untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan kepada 20 orang penerima.
“Sesuai dengan data jumlah penerima diusulkan 4 orang penerima tetapi setelah melalui validasi ada empat orang yang dikeluarkan karena tiga orang tidak berada ditempat dan yang satunya adalah PNS, jika semisal warga yang tiga orang itu kembali ke Taopa maka Pemdes akan berkoordinasi dengan pihak Bank, jika masih diperbolehkan menerima bantuan tersebut maka akan kita arahkan ke pihak Bank BRI cabang Moutong, adapun Kriteria penerima BPNT ini adalah masyarakat pra sejahtera, “jelasnya.
Dia menambahkan, Pemdes Taopa mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 103.200.000 untuk tahap II ini, sedangkan untuk penerima BPNT yang berjumlah 20 orang itu masing-masing diberikan dalam bentuk Buku Rekening dan kartu ATM yang berisi saldo sebanyak Rp. 600.000 karena sudah terhitung tiga bulan dengan kalkulasi 200.000 perbulannya yang nantinya akan ditukarkan melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan atau sembako.
“Untuk itu Pemdes Taopa sudah bekerja sama dengan pihak penyalur bahwa mereka itu melayani masyarakat dalam penyaluran sembako di kantor desa,”terangnya.
Dijelaskannya, alokasi anggaran tahap II Desa Taopa sebanyak 40 % dari total anggaran yang pencairannya dibagi 15 %,15%, dan 10% . Olehnya itu kata dia, Pemdes Taopa terbatas menganggarkan untuk pembangunan infrastruktur desa.
“Merupakan satu kebanggaan bagi Pemdes Taopa karena konsisten mendorong program yang berkaitan dengan jaring pengaman sosial khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat pra sejahtera. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat saat ini yang masih menghadapi pandemi covid 19,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *