Pemdes Taopa Gelar Perayaan Maulid Nabi

oleh -
Sumber Foto : Pemdes Taopa

Parigi Moutong – Desa Taopa Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini di halaman Kantor Camat Taopa, Jumat (13/11). Sejak sore, warga antusias datang membantu menyiapkan perayaan tersebut.

Dilansir dari website resmi Pemdes Taopa, sejak jumat sore warga mempersiapkan walima yang diisi dengan ragam makanan tradisional serta dihias sehingga menjadi menarik.  Semua itu, datang dari masing – masing dusun untuk digunakan saat perayaan.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Taopa sebagai pelaksana kegiatan bersama Pemerintah Desa Taopa juga warga bahu membahu mensukseskan acara tersebut. Hingga pelaksanaan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan lancar dan sesuai rencana.

Perayaan Maulid nabi Muhammad SAW ini diawali dengan pengajian Al – Qur’an oleh Qori’ah Jamilah, dilanjutkan dengan sambutan panitia pelaksana, Naspian Tantu. Sambutan Kedua disampaikan oleh Kepala Desa Taopa Asno Ake yang dalam sambutannya ia tak lupa menyampaikan terima kasih kepada pantia pelaksana dan warga serta kepada seluruh PHBI Desa Taopa.

Kades Taopa Asno Ake mengatakan, pihaknya merasa bangga melihat warga bahu membahu saling membantu mensukseskan kegiatan perayaan Maulid Nabi  Muhammad SAW.

Bukan hanya itu kata dia, pemerintah Desa Taopa juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Puskesmas Taopa dan jajarannya yang sudah ambil bagian dalam kegiatan, juga keterlibatan Dasawisma, Kepala  Kepala Dusun yang memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan kegiatan ini.

Sementara itu, Camat Taopa Abdun Aser Daepatola, dalam sambutannya  mengatakan, pentingnya penguatan karakter masyarakat dalam mengambil sisi positif dari  peringatan Nabi Muhammad SAW, Akhlakul Karimah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad hendaknya menjadi landasan  untuk mendidik generasi insani penerus estafet perjuangan kejayaan Islam masa kini dan akan datang.

Pada kesempatan itu. Da’i kondang Parigi Moutong Ustadz Abd. Halim Intje Hasan mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi keutamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  tahun in, diantaranya merasa bersyukur atas hadirnya Nabi Muhammad SAW di muka bumi ini dan mencontoh teladannya.

“Rasa syukur kita ini tentunya tidak berhenti pada riuhnya pelaksanaan Maulid, tapi bagaimana kita yang hadir saat ini bisa mengambil contoh tauladan yang diajarkan oleh nabi dan para sahabatnya,” ujarnya.

Lanjut dia, teladan Nabi sebagai tuntunan. Ia menambahkan, itu adalah cara menuju kepada jalan yang diinginkan oleh Allah SWT, termasuk meneladani ibadah dan akhlak beliau.

“Kalau Ibadah kita baik yakin bahwa akhlak kita juga ikut baik. Olehnya perbaiki ibadah dan mantapkan akhlak kita maka apapun yang diperintahkan dalam hal positif pasti terasa ringan. Hubungan kita dengan Allah SWT perbaiki, hubungan kita sesama masyarakat perbaiki, hubungan masyarakat dengan pemerintah perbaiki, kalau semua hubungan ini sudah diperbaiki, maka yakinlah bahwa kedamaian dan ketentraman akan tercipta dinegeri ini,” tutupnya.

Perayaan Maulid kali ini ditutup dengan pembagian walima kepada para undangan yang hadir sebagai bentuk rasa syukur masyarakat masih dipertemukan dengan Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Turut hadir pada perayaan Maulid nabi Muhammad SAW ini  Sekcam Taopa ZEIN, Kepala Sekolah SMP Negeri I Taopa, Muslim, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Taopa, Kepala Sekolah PAUD dan SD Taopa, Bidan Desa dan Petugas Kesehatan Puskesmas Taopa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.