Pemdes Taopa Gelar Musdes Insidental Khusus BLT DD

oleh -31 views
Pemdes Taopa Bersama BPD Gelar Musdes Insidental Khusus BLT DD (Foto : Leon)

Liputan : Leo Chandra

PLANO, TAOPA- Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa Taopa, menggelar musyawarah insidental khusus validasi dan penetapan tambahan calon KK penerima Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD).

Hal itu dilakukan, menyikapi aturan Permendes PDTT No.16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa pasal 6 dan 7 ayat 1, serta Permendes PDTT No. 7 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Permendes PDTT No. 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Sehingga Pemdes Taopa bersama BPD menggelar musyawarah khusus untuk menetapkan tambahan calon penerima BLT DD.

Kepala Desa Taopa Asno Ake,  menyampaikan sebelumnya telah ditetapkan penerima manfaat BLT DD berjumlah 147 KK. Namun kemudian ada pengusulan nama yang sebelumnya tidak terakomodir, sehingga dilakukan musyawarah.

” Pemdes bersama BPD, pendamping desa dan pemerintah kecamatan berinisiatif untuk melakukan perubahan data ini sejak seminggu sebelumnya. Melakukan perubahan ini banyak prosesnya, kita harus mendapat izin resmi dari Bupati Parigi Moutong karena Pemdes Taopa mengikuti alur prosedur dari pagu anggaran 883 juta hanya sekitar 30% saja dialokasikan untuk pencairan BLT,” jelasnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan surat edaran dari Kemendes yang ditindak lanjuti oleh Dinas PMD bahwa BLT DD dari nominal Rp. 600 ribu/bulan selama tiga bulan selanjutnya Rp. 300 ribu/bulan.

Diketahui Pemdes mengacu pada UU No. 2 Tahun 2020 tentang kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan dan Penanganan Pandemi Corona dan atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan Perekonomian Nasional dan atau Stabilitas Sistem Keuangan menjadi Undang-undang, kedua mengacu pada PMK No. 40 PMK/07/2020 tentang perubahan atas PMK no.205 tahun 2019 tentang pengelolaan Dana Desa.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *