Pemdes Taopa Bentuk Satgas  Pemantau Dan Pendata Covid 19

oleh -8 views

Reporter : Leo Chandra

Plano, Taopa – Pemerintah Desa Taopa membentuk Satgas Pemantau dan Pendataan  Covid 19 di Desa Taopa.

Satgas yang beranggotakan kader kesehatan dari seluruh dusun di Desa Taopa ini dibagi dalam tim khusus pemantau dan pendata. Tujuan dari pembentukan tim ini adalah untuk mengetahui aktifitas keluar masuknya warga di Desa Taopa,  baik yang keluar daerah ataupun yang datang.

Tim relawan,  dibekali materi tentang pencegahan dan penanganan Covid 19 sesuai prosedur nasional yang diberikan oleh petugas kesehatan Puskesmas Taopa yakni Sudarmin yang didampingi oleh Bidan Desa.

“Agar setiap petugas bekerja sesuai standar prosedur dan tetap menjaga kesehatan diri dalam melaksanakan tugasnya,  sebab saat ini ada istilah baru selain OPD, PDP,  dan OTG yaitu Orang Dengan Resiko (ODR),”kata Sudarmin.

Dia menambahkan, ODR hampir sama dengan OTG tetapi ODR ini yang telah melakukan aktivitas di wilayah terdampak Covid 19 dan terjadi kontak dengan penderita baik secara langsung maupun tidak. Meski ODR ini kondisinya sehat tetapi beresiko.

Dia mengatakan, pihaknya juga memberikan daftar khusus berupa form untuk  mengisi data warga yang masuk dalam kategori pengawasan dan pemantauan dan masker kain agar mempermudah pekerjaan dari seluruh tim.

Sementara itu, Kepala Desa Taopa Asno Ake menghimbau agar seluruh tim bekerja dengan baik,  agar pemantauan dan pencegahan Covid 19 ini bisa terlaksana sesuai rencana. Sehingga kata dia, bisa terwujud kenyamanan dan keamanan ditengah masyarakat Desa Taopa.

“Bagi warga yang mempunyai keluarga atau kerabat yang berasal dari luar daerah agar segera menginformasikan kepada tim yang sudah dibentuk di desa guna mendata serta menerapkan masa lockdown dan social maupun fisical distancing kepada warga tersebut,  agar pencegahan penyebaran Covid 19 ini bisa berjalan sesuai rencana.  Besar harapan Pemdes Taopa agar kerja sama ini berjalan dengan baik,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *