Pemdes Pande Lalap Lakukan Penyegaran Pengurus Bumdes Tahun 2020

oleh -5 views

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Pemerintah Desa Pande Lalap Kecamatan Moutong tahun ini akan melakukan penyegaran dengan merekrut  pengurus  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang baru.

Hal itu diungkapkan Sekdes Pande Lalap, Suaib kepada Beritaplano.com, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at, (31/01/2020).

Dia mengatakan, pengurus Bumdes Pande Lalap sebelumnya dibentuk pada tahun 2016, kemudian diberikan penyertaan modal di tahun 2017 sebesar 90 juta lebih untuk pengadaan usaha depot air minum.

Lanjut dia, pengurus sebelumnya membuka usaha depot air minum dan sudah berjalan di tahun 2018 namun hasilnya tidak memuaskan karena sistem pengelolaan yang kurang baik.

Selain pengelolaan, kata dia, bahan atau alat (mesin) yang digunakan dalam usaha depot air minum ini masih di bawah standar sehingga pendapatan Bumdes Pande Lalap ini tidak berjalan dengan maksimal.

“Ada pendapatan tetapi habis untuk pengeluaran,” ungkap Suaib.

Melihat keberadaan Bumdes yang tidak mampu menghasilkan income untuk desa, maka kemudian Bumdes tidak lagi diberikan penyertaan modal karena dianggap mubazir.

“Kami akan lakukan penyegaran di tahun ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *